Ingin Tahu Beda Krimer Dan Susu? Begini Penjelasan Lengkapnya!

Des 7, 2021 | Artikel, Update | 13 Komentar

perbedaan krimer dan susu

Perbedaan krimer dan susu – Antara krimer dan susu, meski bersumber dari bahan yang sama, sebenarnya keduanya adalah produk yang berbeda. Beda krimer dan susu ini yang sangat mendasar adalah pada cara pembuatan dan campuran bahannya.

Krimer ini merupakan salah satu produk pelengkap yang saat ini  banyak digunakan sebagai tambahan untuk berbagai minuman. Diantaranya seperti kopi, teh, coklat panas maupun minuman yang lainnya.

Sekilas Tentang Beda Krimer dan Susu

Sebelum membahas perbedaan krimer dan susu lebih lanjut, ada baiknya sekilas mengenal tentang krimer. Hampir sebagian besar orang banyak yang menganggap kedua produk ini sama saja. Memang keduanya memiliki tekstur kental manis yang sama, demikian juga dengan kemasannya nyaris tidak ada perbedaannya. 

Padahal krimer ini tidaklah sama dengan susu. Lalu apa yang disebut dengan krimer dan apa bahan pembuatannya? Pengertian krimer adalah sebuah produk sebagai pengganti susu. Krimer merupakan sebuah produk emulsi atau pecahan lemak di dalam air. 

Krimer terbuat dari bahan minyak nabati yang diproses secara hidrogenasi memakai gas hidrogen. Proses hidrogenasi ini dilakukan untuk mengubah minyak nabati cair menjadi lebih kental dan bentuknya akan menjadi lebih padat. 

Melalui proses pengolahan ini untuk memanfaatkan persentase asam lemak tak jenuh yang tinggi. Sedangkan pengertian susu adalah merupakan cairan yang berwarna putih dan mengandung banyak nutrisi yang dihasilkan dari kelenjar susu hewani. Diantaranya protein, kalsium, zinc, fosfor dan kandungan nutrisi lainnya.

Berbagai Macam Bentuk Krimer

Dari tipenya, krimer ini terdiri dari berbagai macam bentuk. Diantaranya ada krimer yang berbentuk cair, krimer bubuk dan juga krimer kental manis. Untuk krimer kental, bentuknya hampir sama dengan susu kental manis.

Krimer kental biasanya dihasilkan dari susu sapi yang diproses melalui penguapan untuk membuang sebagian airnya. Kemudian ditambahkan dengan gula dan campuran minyak nabati. Fungsi krimer bubuk sendiri adalah sebagai tambahan pelengkap untuk berbagai jenis minuman. Diantaranya seperti kopi dan juga teh agar cita rasa minuman menjadi lebih nikmat.

Perbedaan krimer bubuk dan cair terletak pada daya tahan. Biasanya krimer bubuk memiliki daya tahan lebih lama bila dibandingkan dengan krimer yang cair maupun yang kental. Akan tetapi krimer bubuk tidak mudah larut pada air dingin.

Karena itu biasanya agar minuman kopi tetap nikmat, pilihan untuk pengganti krimer bubuk bisa menggunakan santan. Selain membuat cita rasa kopi lebih nikmat, kopi juga akan terasa lebih lembut.

Saran Penggunaan Krimer

Saran untuk penggunaan krimer ini selain sebagai bahan pelengkap pada minuman, bisa juga digunakan sebagai pengganti santan dalam masakan. Biasanya krimer nabati banyak mengandung serat, namun memiliki kandungan kolesterol sedikit.

Sehingga akan lebih aman digunakan untuk masakan bila dibandingkan dengan penggunaan santan. Meskipun begitu tetap harus memperhatikan batasan dan sebaiknya gunakan seperlunya jangan sampai berlebihan.

Hal ini sebaiknya perlu diperhatikan karena bila konsumsinya terlalu berlebihan tetap saja akan membuat kolesterol dalam tubuh akan menjadi lebih sulit untuk dicerna. Bukannya bermanfaat nanti malah justru sebaliknya.

Inilah beda krimer dan susu. Meski keduanya memiliki manfaat yang baik, namun tetap tidak boleh berlebihan. Sebaiknya sesuaikan saja penggunaannya dengan kebutuhan agar lebih aman. Selain itu ada hal lain yang sebaiknya perlu diperhatikan bahwa krimer ini bukanlah susu. Meskipun sekilas terlihat sama sebenarnya keduanya berbeda. Krimer bisa juga dibuat dari bahan selain susu.

Apalagi untuk jenis krimer yang non susu, biasanya menggunakan bahan utamanya dari sirup jagung dan juga minyak sayur. Jadi jelas antara krimer dan susu merupakan dua produk yang berbeda.

Beda Krimer dan Susu

Untuk dapat memahami perbedaan antara krimer dengan susu tidak semua orang dapat memahaminya. Karena itu, agar dapat memahami perbedaan krimer dan susu dengan lebih jelas, yuk disimak beberapa penjelasan berikut ini.

Beda Krimer dan Susu: Penggunaan Bahan Baku

Perbedaan krimer dan susu yang pertama terletak pada penggunaan bahan baku. Bahan dasar dari keduanya memang sama berasal dari susu, namun perbedaan krimer dan susu dibuat dengan menggunakan tambahan bahan lain.

Penggunaan bahan baku krimer biasanya ditambahkan dengan lemak nabati. Selain itu krimer ini bisa juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang berasal bukan dari bahan dasar susu.

Jumlah Kandungan Susu di Dalamnya

Perbedaan krimer dan susu yang kedua antara krimer dan susu adalah terletak pada jumlah kandungan susu didalamnya. Bisanya susu memiliki jumlah kandungan susu yang lebih tinggi dibandingkan dengan krimer.

Sedangkan untuk krimer sendiri selain memiliki kandungan susu yang lebih sedikit juga tidak memiliki standar berapa besar harus memiliki kandungan susu. Jadi krimer ini merupakan produk yang sama sekali berbeda dengan susu.

Kandungan Dalam Krimer Berbeda dengan Susu

Perbedaan yang ketiga terletak pada kandungannya. Krimer di dalamnya mengandung sari jagung, minyak nabati, kalium fosfat, natrium aluminosilikat, pengemulsi monodigliserida dan pewarna.

Sedangkan susu memiliki kandungan berbagai nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan. Diantaranya seperti protein, kalsium, Vitamin A,  Vitamin B1,  Vitamin C, Vitamin D, Fosfor dan juga serat.

Kandungan Protein di Dalam Produk

Perbedaan berikutnya adalah terletak pada kandungan protein di dalamnya. Sama halnya dengan kandungan susu, kandungan protein dalam krimer tidak memiliki standar berapa besar protein yang harus terkandung di dalamnya.

Jadi perbedaan krimer dan susu ini memiliki kandungan protein yang berbeda. Tetapi karena krimer ini bisa dibuat dari bahan dasar yang lain selain susu, maka krimer dapat digunakan sebagai pengganti susu.

Cita Rasa yang Dihasilkan

 

Perbedaan krimer dan susu yang selanjutnya adalah terletak pada cita rasa yang dihasilkan. Susu memiliki cita rasa yang benar benar lebih terasa susunya. Sedangkan pada krimer rasa susunya justru hampir tidak terasa.

Cita rasa pada krimer biasanya justru lebih gurih dan creamy bila dibandingkan dengan susu. Hal ini yang membuat cita rasa krimer justru lebih enak bila dibandingkan dengan cita rasa susu.

Fungsi Dan Kegunaannya

Beda krimer dan susu lainnya adalah terletak pada fungsi dan kegunaannya.  Fungsi dan kegunaan susu biasanya untuk membuat minuman susu meskipun banyak juga yang menggunakannya untuk olahan lainnya.

Sedangkan fungsi dan kegunaan krimer ini biasanya hanya digunakan sebagai tambahan minuman maupun topping pada makanan. Bisa juga digunakan untuk tambahan dalam masakan sebagai pengganti santan.

Dari beberapa perbedaan antara krimer dengan susu yang diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa keduanya merupakan produk yang berbeda. Dalam hal ini krimer adalah bukanlah susu. Dengan demikian maka krimer tidak bisa digolongkan ke dalam produk susu. Krimer ini justru termasuk nondairy karena berasal dari nabati. Jadi, kandungan protein dalam krimer adalah protein nabati. Buat kamu yang sedang  mencari Krimer sehat dan tinggi serat, kamu bisa memilih FiberCreme. Mendapatkan FiberCreme ini juga cepat mudah bisa didapatkan di supermarket maupun marketplace terdekat. 

13 Komentar

  1. Heru salam

    isi dari ulasan perbedaan krimer dan susu cukup baik..tapi masih tersaji berulang ulang shg sulit dipahami..mohon bisa disajikan scr sederhana,ringkas tapi padat konten agar mudah dipahami masyarakat luas. apalagi tulisan ini sangat penting..

    Balas
    • Evy

      Betul.. masih membingungkan… semangat yaa…teruslah belajar

      Balas
    • Ahmad Fadly

      Bacaan sudah cukup jelas dan tidak terlalu panjang.

      Balas
  2. Yulianto sadiatmono

    Alhamdulillah, dpt asupan pengetahuan, teruskan menulis sebagai pencerdas masyarakat dan bangsa pd umumnya, amal kebaikan anda merupakan tabungan kebaikan diakhirat.smoga, terimakasih ya.

    Balas
    • Tri

      Hi kak, terima kasih atas ulasan yang positive untuk kami. Senang bisa memberi sedikit hal yang bermanfaat. Sukses selalu ya kak 🙂

      Balas
    • Lusiana Mohi

      Terima Kadih atas penjelasannya,mohon dibikinkan
      1. tabel perbedaan kandungan nutrisi antara dusu dan krimer ya..
      2.apakah krimer tdk membuat bertambah berat badan..?apakah aman dikonsumsi lansia ?

      Balas
      • Vivi Pristian

        Halo bunda Lusiana, terima kasih atas perhatiannya.
        1. Untuk Tabel perbedaan boleh bunda menghubungi Instagram @FiberCreme yaa karena untuk tabel lengkapnya tidak bisa dikirim pada komentar. Namun untuk penjelasan singkatnya, untuk 240 ml larutan FiberCreme vs 250 ml susu full cream UHT kandungan gula adalah <5% untuk FiberCreme (low) dan >5% untuk susu (high). FiberCreme tidak mengandung kolesterol sedangkan susu full cream mengandung kolesterol. FiberCreme bebas laktosa sedangkan susu full cream tidak. Fat yang terkandung pada FiberCreme lebih rendah dibandingkan dengan susu full cream.
        2. FiberCreme berbeda dengan krimer biasa karena FiberCreme tinggi serat dan rendah gula yang mana krimer biasa umumnya tinggi gula dan minim kandungan gizi lainnya. Jika dikonsumsi dengan takaran dan campuran bahan yang tepat, tidak membuat berat badan naik. Terkait dengan pertanyaan apakah aman untuk lansia, FiberCreme aman untuk lansia. Untuk lebih lanjutnya, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayan bunda yaa.

        Balas
  3. Abu uwais

    Ada juga yg bilang crimer itu sari Pati susu itu gimana min

    Balas
    • Vivi Pristian

      FiberCreme terbuat dari sari pati singkong (oligosakarida) yaa kak. FiberCreme tinggi serat dan 0 mg kolesterol yang pastinya jadi lebih sehat.

      Balas
  4. Suwarsono

    Apakah sesering mengkonsumsi creamer akan berdampak terhadap kesehatan kah? Kira2 berdampak ke organ tubuh yg mana ya.. mohon penjelasannya..

    Balas
    • Vivi Pristian

      Hai kak, FiberCreme terbuat dari sari pati singkong (oligosakarida). FiberCreme tinggi serat, rendah gula, bebas gluten, serta 0 mg kolesterol.
      FiberCreme tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi sesuai batas maksimal harian yaitu 48-60 gram/ hari untuk orang dewasa.

      Balas
  5. Eva

    Bolehkah krimer dicampur dg susu kental manis utk dijadikan minuman?

    Balas
    • Vivi Pristian

      Halo kak Eva, terima kasih sudah mengunjungi FiberCreme.
      FiberCreme boleh dicampur dengan apapun yaa kak untuk menambah asupan serat.

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...