Apa yang Menjadi Perbedaan Garam Ikan dan Garam Krosok?

Apr 8, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Garam merupakan salah satu bahan yang memiliki banyak manfaat. Baik untuk kebutuhan dapur ataupun kebutuhan lainnya. Dan semua itu tergantung dari jenis garam tersebut. Adapun beberapa jenis garam yang bisa kamu temukan. Beberapanya ialah garam ikan dan garam krosok. Tapi apa perbedaan garam ikan dan garam krosok tersebut?

Dari jenisnya yang berbeda, sudah pasti kegunaan dari kedua jenis garam tersebut pun berbeda. Kami telah menyediakan ulasannya berikut ini. Agar Anda tak salah menggunakan garam berdasarkan jenis dan kegunaannya!

Apa Sih Perbedaan Garam Ikan dan Garam Krosok Itu?

Berdasarkan namanya saja, sudah terlihat berbeda. Begitu pula dengan kegunaan dari garam ikan dan garam krosok tersebut. Berikut ini telah kami siapkan ulasan mengenai perbedaan garam ikan dan garam krosok tersebut. Simaklah dengan cermat!

Garam Ikan

perbedaan garam ikan dan garam krosok

Dari namanya, sudah jelas garam jenis ini diperuntukkan dalam dunia yang berhubungan dengan ikan. Ketika kamu memiliki aquarium atau kolam ikan di rumah, sudah pasti tidak asing dengan garam ikan. Garam jenis ini berguna sebagai salah satu bahan penting guna mengoptimalkan ikan yang dipelihara di dalamnya.

Kegunaan dari garam ikan ini ialah sebagai bahan untuk mengatasi parasit yang mudah menempel pada tubuh ikan peliharaan Anda. Kandungan dalam garam ikan ini berbeda dengan garam dapur. Yang mana hanya mengandung NaCl tanpa adanya senyawa lain di dalamnya.

Selain sebagai bahan untuk mengatasi parasit, garam ikan juga mampu menekan pertumbuhan bakteri di dalam kolam atau aquarium. Garam ikan juga sangat ampuh untuk mengurangi kadar asam dalam air yang mampu mengganggu pertumbuhan ikan.

Saat Anda menguras kolam sebagai tahap pembersihan rutin, otomatis ikan akan dipindahkan ke tempat lain. Dan ketika Anda memasukkannya kembali ke dalam kolam, pastikan mencampur garam ikan di dalamnya. Agar ikan tidak mengalami stress dan mudah mati.

Terakhir, garam ikan juga bisa Anda percaya untuk membantu membersihkan insang ikan yang terkena kotoran akibat air kolam yang mulai keruh. Jika Anda membiarkan insang ikan tetap kotor, akan mengganggu kehidupan ikan dan membuatnya mudah mati.

Garam Krosok

perbedaan garam ikan dan garam krosok

Nah, setelah mengulas mengenai garam ikan, kami juga akan memberikan ulasan mengenai garam krosok. Garam jenis ini biasa disebut pula dengan sebutan garam kasar atau garam asli. Garam krosok adalah garam yang belum mengalami proses atau olahan apapun (masih murni).

Ketika garam krosok mengalami pengolahan, sudah pasti akan berubah menjadi garam dapur atau garam meja yang berguna untuk bumbu masakan.

Tekstur dari garam krosok mirip dengan kerikil dan memiliki permukaan yang kasar, makanya diberi nama garam krosok. Biasanya garam jenis ini memiliki lebih banyak kandungan air daripada garam dapur yang biasa Anda temui di rumah.

Karena banyaknya kandungan air, maka Anda akan menemukan bekas air ketika meletakkan garam krosok di kertas. Kandungan air dalam garam ini bisa mencapai 10%.

Berdasarkan jenisnya, garam krosok di Indonesia dibedakan menjadi dua. Pertama ialah garam krosok lokal. Berdasarkan namanya, garam ini diproduksi di atas tanah Indonesia. Prosesnya berasal dari penguapan air laut yang telah dikeringkan selama lebih dari 20 hari lamanya.

Daerah penghasil garam krosok

Adapun beberapa wilayah Indonesia yang menghasilkan garam krosok lokal, seperti Madura, Cirebon, dan beberapa daerah lainnya. Saat ini, di Indonesia sudah mulai ada garam krosok geomembran, yang mana berasal dari proses pengeringan air laut dari dasar terpal geomembran.

Garam geomembran ini sudah langsung akan terpisah dari tanah dan memiliki warna yang lebih putih. daripada garam krosok lokal yang dihasilkan dari cara tradisional. Teksturnya pun jauh lebih halus mirip dengan bubuk susu. Dan kadar kandungan NaCl pun juga lebih tinggi, karena kemurniannya jauh lebih tinggi, atau tidak tercampur apapun.

Jenis garam krosok yang kedua ialah garam krosok impor. Garam ini didapatkan dari proses mengimpor dari negara – negara lain, seperti Australia, India, dan Cina misalnya. Garam jenis ini bukan dibuat dari penguapan air laut yang dikeringkan, tetapi didapat dari hasil tambang.

Tekstur dari garam krosok impor ini lebih kering dan lebih murni dibandingkan garam krosok lokal. Untuk warnanya mirip dengan kaca yang sedikit transparan dan bertekstur keras. Tingkat kebersihan dan kemurniannya pun jauh lebih tinggi. Maka dari itu, banyak industri yang lebih suka menggunakan garam krosok impor daripada garam krosok lokal.

Dari segi kegunaan, garam krosok biasa digunakan sebagai bahan pengawet ikan, produksi ikan asin, dan campuran pakan ternak. Rasa dari garam krosok lebih asin dan tidak mudah larut seperti pada garam dapur.

Berdasarkan ucapan dari Koki Amy Eubanks, garam krosok juga dapat digunakan pada makanan, tetapi bukan sebagai bumbu, melainkan sebagai bahan garnish atau bagian finishing saja.

Itulah ulasan yang dapat kami sampaikan pada Anda mengenai perbedaan garam ikan dan garam krosok. Dengan adanya ulasan ini, kami sangat berharap Anda tidak akan lagi salah mengenali jenis garam dan juga kegunaan dari masing – masing jenis garam tersebut.

FiberCreme Adalah Bahan Makanan Pengganti Susu dan Santan!

cara menyimpan makanan agar tidak cepat basi

Setelah berbicara mengenai jenis garam, sudah pasti akan mulai terbesit mengenai bahan – bahan dapur. Santan merupakan salah satu bahan dapur yang juga memiliki peranan penting seperti garam. Guna garam ialah sebagai pemberi rasa dasar pada makanan.

Sedangkan fungsi santan ialah sebagai bahan pelengkap beberapa jenis makanan. Misalnya untuk membuat gulai, kari, dan lain – lainnya. Selain santan dan garam, susu juga merupakan salah satu bahan penting dalam membuat beberapa jenis makanan manis dan minuman yang segar.

Anda bisa membuat berbagai macam cookies dan roti dengan bahan dasar susu. Juga bisa membuat jus, smoothies dan berbagai macam minuman lainnya. Selain sehat, santan dan susu juga mampu memberikan rasa yang lebih nikmat pada makanan maupun minuman.

Hanya saja, ada beberapa orang yang tidak disarankan untuk mengkonsumsi kedua jenis bahan makanan tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan bahan pengganti santan dan susu dari FiberCreme.

FiberCreme merupakan perusahaan penyedia bahan makanan pengganti santan dan susu yang mengandung nutrisi tinggi dengan rasa yang nikmat. Anda bisa mengonsumsi bahan tersebut dalam jangka waktu yang panjang dan tidak perlu khawatir akan mengalami masalah kesehatan.

Konsumsi FiberCreme yang Kaya Akn Serat

Dengan adanya FiberCreme, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan bahan dasar yang jauh lebih berserat dan cocok untuk pola hidup sehat tanpa meninggalkan rasa nikmat dari makanan jenis apapun.

Untuk mendapatkan bahan makanan ini, Anda bisa memesannya di e-commerce atau marketplace official kami dan juga di toko – toko atau supermarket terdekat dari rumah Anda. Informasinya bisa Anda cek di link berikut!

Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai resep – resep rekomendasi dari FiberCreme di website resmi kami berikut, serta di akun instagram @fibercreme_tv atau di YouTube FiberCreme. Anda akan mendapatkan informasi menarik seperti perbedaan garam ikan dan garam krosok yang sudah Anda dapatkan di atas.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...