9 Makanan Penurun Kolesterol, Ampuh Normalkan Kolesterol

Des 8, 2021 | Artikel, Update | 0 Komentar

Cholesterol

Apakah Kamu sedang berusaha untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhmu? Atau sedang mencari makanan penurun kolesterol? Jika salah satu saja jawabannya “Iya”, yuk ikuti artikel di bawah ini untuk menemukan solusinya. 

Banyak cara menurunkan kolesterol yang bisa dicoba, salah satunya dengan mengatur pola makan. Begitu banyak sumber makanan yang bisa Kamu pilih. Apa yang Kamu makan menentukan kondisi kesehatanmu di kemudian hari. 

Jenis-Jenis Makanan Penurun Kolesterol

Mengatur pola makan adalah langkah termudah dan termurah untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Ketika kolesterol tinggi, Kamu berisiko terkena berbagai jenis penyakit yang bisa saja mengancam nyawa. Berikut makanan yang direkomendasikan:

Oatmeal dan Gandum Utuh 

oatmeal gandum

Jenis makanan ini merupakan salah satu sumber serat terbaik. Keduanya merupakan makanan untuk menurunkan kolesterol dan gula darah.  Gandum utuh dan oatmeal kaya akan serat larut yang berfungsi melancarkan metabolisme. Secara khusus, serat larut dalam oatmeal bekerja mengurangi kadar low density lipoprotein atau kolesterol jahat dalam tubuh. Serat ini juga berfungsi mengurangi penyerapan kolesterol menuju aliran darah. 

Dosis harian yang dianjurkan adalah sebesar 50-10 gram untuk efektif menurunkan LDL. Artinya, kamu perlu makan minimal 1,5 cangkir oatmeal per harinya. Makanan penurun kolesterol satu ini sangat cocok dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan penurun kolesterol dan trigliserida. Jenis makanan ini memiliki vitamin, antioksidan, asam lemak omega-3 dan serat yang tinggi. Lemak yang terkandung merupakan lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

Kacang almond dan kenari merupakan jenis yang direkomendasikan. Selain efektif dalam menjaga kadar kolesterol, khususnya trigliserida, keduanya juga mampu menurunkan risiko komplikasi seperti serangan jantung. 

Namun, Kamu perlu untuk tetap membatasi porsi harian mengonsumsi kacang-kacangan. Untuk diperhatikan, kandungan kalori pada kacang juga cukup tinggi. Mengonsumsi kacang bisa dalam bentuk olesan roti, topping salad, atau dipanggang. 

Buah dan Sayuran 

Semua jenis sayuran hijau tak perlu diragukan lagi kandungan tinggi seratnya. Dengan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, bisa membantumu menghindari berbagai penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi. 

Ada banyak jenis buah yang baik, salah satunya buah Apel, karena mengandung zat pektin. Zat ini terbukti efektif menurunkan kolesterol dan merupakan serat larut. Selain apel, alpukat juga direkomendasikan. Buah ini mengandung serat, nutrisi fitosterol dan polifenol. 

Susu Kedelai

Produk turunan dari kacang-kacangan ini bisa Kamu konsumsi rutin. Susu ini baik digunakan sebagai pengganti susu sapi, sangat cocok sebagai susu penderita kolesterol. Secara khusus, susu kedelai membantu menurunkan kadar trigliserida dan LDL dalam darah. Selain susu kedelai, Kamu juga bisa mengkonsumsi bahan makan lain yang masih merupakan produk turunan, seperti tahu dan tempe. Dosis harian yang disarankan adalah sebesar 25 gram, untuk mampu menurunkan LDL hingga 5-6%.

Ikan Tinggi Asam Lemak Omega-3

ikan omega 3

Ikan merupakan sumber makanan yang kaya akan omega-3. Namun, ada jenis ikan tertentu yang tidak disarankan untuk penderita kolesterol. Pilihlah ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi. Tuna dan Salmon adalah ikan yang direkomendasikan. Kedua makanan untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi ini juga baik ditambahkan untuk varian menu MPASI. Memasak dengan benar akan menjaga omega-3 yang terkandung di dalamnya.

Buah Berry

Berbagai buah dari golongan berry merupakan makanan penurun kolesterol yang terbukti efektif. Sumber makanan ini selain berserat tinggi juga mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Minyak Zaitun

Jenis minyak ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal. Fungsinya menurunkan risiko peradangan pada arteri dan tentunya menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Polifenol yang terkandung membantu meningkatkan kadar HDL dalam darah.

Dark Coklat

dark chocolate

Coklat terkenal sebagai makanan dengan zat anti inflamasi juga sebagai antioksidan. Kandungan ini menjadikan dark coklat dapat dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. 

Bawang Putih dan Bombay

Kedua jenis bawang ini merupakan makanan penurun kolesterol yang hampir digunakan setiap hari. Duo bawang ini mengandung flavonoid atau quercetin, berupa serat yang berfungsi segabai antioksan dan membantu menjaga klesterol tetap stabil. 

Cara Memasak yang Baik untuk Menjaga Nutrisi Makanan

Selain jenis makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi, penting untuk diperhatikan cara memasak agar nutrisi makanan tetap terjaga. Dalam hal ini, supaya bahan makanan tetap berfungsi membantu penurunan kolesterol dalam darah. Beberapa caranya adalah:

Perhatikan Kandungan Lemak dalam Bahan Makanan

Lemak termasuk nutrisi yang berpengaruh terhadap kadar kolesterol. Jika Kamu mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans, ini dapat menyebabkan meningkatkan kadar kolesterol. Akan tetapi, tidak masalah sesekali mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh, seperti daging merah. Gunakan cara masak yang tepat untuk mengurangi kadar lemak jenuh di dalam daging yang akan Kamu masak. Caranya:

  • Bersihkan semua lemak di permukaan daging
  • Meminimalisir penggunaan minyak goreng
  • Proses memasak bisa 1 hari sebelum dimakan, kemudian simpan di lemari pendingin. Tujuannya agar keesokannya lemak jenuh yang menggumpal mudah untuk dibuang
  • Sesuaikan semua jenis resep dengan menghindari cara menggoreng

Pilih Minyak Sayur

Gunakan sedikit minyak sayur, tambahkan air jika perlu agar masakan matang merata. Kamu cukup memakai 2 sendok teh minyak sayur untuk memasak sayur. Tambahkan pula beberapa herbal untuk menambahkan cita rasa masakan. Hindari penggunaan produk ber-msg.

Kombinasikan Puree Sayur dan Buah untuk Membuat Kue

Kamu bisa memakai puree buah dan sayur untuk membuat muffin, kue, dan cemilan  agar aman dikonsumsi penderita kolesterol. Tujuannya adalah agar cita rasa lebih enak juga tetap sehat. Misal, puree pisang untuk pancake, apel untuk kue mangkok.

Gunakan Vla Rendah Lemak dan Tinggi Serat

Kurang lengkap rasanya kalau membuat cemilan tanpa menambahkan topping di atasnya. Pemilihan topping dengan tekstur creamy terasa sangat cocok. Kamu bisa menggunakan FiberCreme untuk membuat topping berupa vla creamy yang enak dan tetap aman untuk kolesterol. 

Nah, Apa Sih FiberCreme Ini?

FiberCreme adalah krimer multifungsi yang kaya akan serat. Produk ini bisa dipakai sebagai pengganti santan dan susu. Sangat cocok bagi Kamu yang membutuhkan makanan untuk menurunkan kolesterol dengan rasa yang enak. 

Apa Komposisi Utama dalam Fiber Creme?

Komponen utama yang dipakai sesuai dengan kriteria makanan penurun kolesterol, yaitu serat pangan larut oligosakarida, berasal dari olahan tapioka/singkong. Isomalto-Oligosakarida merupakan kelompok karbohidrat yang mudah dicerna tubuh. 

Apa Saja Keunggulan Fiber Creme?

  • Tinggi serat
  • Rendah gula, aman untuk penderita diabetes
  • Bebas kolesterol
  • Bebas lemak trans
  • Bebas gluten
  • Indeks glikemiks yang rendah
  • Bisa diaplikasikan ke berbagai menu
  • Bebas laktosa

Kenapa Harus FiberCreme Dibandingkan Krimer Lain?

FiberCreme merupakan krimer multipurpose yang bisa dipakai untuk semua jenis makanan dan minuman. Bisa untuk mengganti santan dan susu. Kalau krimer lain umumnya hanya bisa diaplikasikan untuk minuman. Nah, untuk mendapat informasi lebih lengkap tentang fibercreme, Kamu bisa lihat di link berikut. Ada banyak informasi tentang produk praktis ini, yang bisa jadi merupakan solusi yang Kamu cari selama ini.

Dan, untuk kamu yang sudah tidak sabar untuk mencoba FiberCreme, si makanan penurun kolesterol ini, bisa langsung cek di marketplace kesayanganmu, ya. Atau bisa juga masuk ke link berikut. Yuk, hidup sehat bareng FiberCreme!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...