Tingkatkan Sistem Imun, Ikuti 7 Cara Mudahnya!

Mei 21, 2021 | Artikel, Update | 0 Komentar

Sistem imun atau daya tahan tubuh jadi salah satu hal yang mendapat banyak perhatian sejak COVID-19 mewabah. Sebagai pertahanan awal tubuh melawan penyakit apapun, sistem imun diharapkan bisa mencegah infeksi virus corona.

Sistem imun sendiri sudah ada di tubuh manusia dan bekerja optimal saat tubuh dalam kondisi normal. Namun kinerjanya akan menurun dalam beberapa kondisi, seperti penuaan, konsumsi obat-obatan, dan kurangnya asupan gizi seimbang. Saat sistem imum melemah, maka tubuh semakin mudah terserang penyakit dan dalam masa-masa seperti ini akan lebih mudah terinfeksi COVID-19.

Jadi, sistem imun harus dijaga dan dioptimalkan agar tubuh tetap sehat. Namun yuk coba ingat-ingat lagi, usaha apa saja yang sudah kita lakukan untuk meningkatkan imunitas? Bagi yang merasa belum melakukan banyak, atau bahkan belum melakukan apapun, yuk cek 7 cara di bawah ini. Tidak harus sulit kok. Bahkan ada cara mudah dan menyenangkan yang bisa dilakukan.

Menghindari Stres

Stres, apalagi jika berkepanjangan, akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Bila terlalu tinggi jumlahnya dalam tubuh, hormon ini berpotensi menurunkan kinerja sistem imun. Sehingga tubuh lebih mudah terinfeksi dan terpapar penyakit.

Bila stres memang tidak bisa dihindari, usahakan kita bisa mengendalikannya. Imbangi dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti jalan-jalan, berinteraksi dengan teman, melakukan hobi dan lain-lain. Tapi ingat untuk melakukannya sesuai protokol kesehatan.

Istirahat Cukup

Kurang istirahat atau tidur juga bisa menurunkan sistem imun, menyebabkan tubuh lebih mudah terserang penyakit. Usahakan tidur cukup setiap hari, yaitu 7-8 per-hari untuk orang dewasa dan sekitar 10 jam untuk anak-anak.

Olahraga

Seperti yang dilansir Kompas.com, penelitian menunjukkan bahwa olahraga 30 menit per hari bisa meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna. Leukosit ini fungsinya termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan respon antibodi, dan membunuh bakteri yang masuk ke tubuh.

Menjaga Kebersihan

Dengan menjaga kebersihan diri, kita sudah meminimalisir diri dari paparan penyakit dan ikut memelihara sistem imun. Selain kebersihan diri, kita juga perlu memperhatikan kebersihan makanan yang kita konsumsi dan kebersihan lingkungan sekitar.

Menghindari Zat Berbahaya

Agar sistem imun tetap kuat, lebih baik kita menghindari masuknya zat-zat berbahaya. Zat seperti ini bisa terdapat pada rokok dan makanan yang tidak sehat.

Mengonsumsi Suplemen

Selain dari makanan yang sehari-hari kita konsumsi, kita juga bisa memperkuat sistem imun lewat konsumsi suplemen. Beberapa yang bisa kita konsumsi termasuk yang mengandung vitamin C, B3, B5, B6, dan vitamin E. Selain memperkuat, vitamin B3, B5, dan B6 juga membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak saat kita jatuh sakit.

Memperbanyak Serat

Hingga 70% sistem imun berada di pencernaan. Jadi, agar bisa bekerja maksimal, pencernaan yang jadi tempat tinggalnya juga harus dijaga. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi hingga 30 gram serat setiap harinya. Namun, dengan pola makan pada umumnya kita hanya bisa memenuhi sepertiga hingga separuhnya saja.

Untuk mendapatkan jumlah yang kita butuhkan, kita bisa memperbanyak buah dan sayur. Jika dirasa kurang, kita masih bisa menambah asupan serat lewat FiberCreme, krimer serbaguna pengganti santan dan susu.

Maka dari itu, gunakan FiberCreme dengan mencampurkannya ke makanan atau minuman apapun yang biasanya dibuat dengan santan atau susu. Selain menambahkan serat, FiberCreme juga memberikan rasa yang lebih lezat dan creamy tapi dengan kadar lemak, kalori, dan gula yang lebih rendah.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...