3 Manfaat Olahan Singkong Bagi Kesehatan Tubuh!

Mei 24, 2022 | Artikel, Berita, Fakta, Update | 0 Komentar

Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat, serat dan nutrisi lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh. Di beberapa negara seperti Afrika, Asia, Amerika Selatan terutama di Indonesia, olahan singkong banyak ditemukan dan kerap dijadikan sebagai salah satu bahan makanan pokok. 

Biasanya masyarakat Indonesia merebus dan menggoreng singkong untuk teman minum kopi dan teh. Tak heran, cemilan ini banyak ditemukan di warung-warung pinggir jalan. Terkadang, kalian juga bisa menemukan penjual gorengan yang menyediakan singkong goreng di menunya.

Selain memiliki rasa yang enak dan gurih, singkong atau ketela juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. 

Apa saja manfaat yang ada di dalam singkong?

Mari simak pembahasan terkait manfaat singkong berikut ini.

Manfaat Olahan Singkong Bagi Kesehatan 

Singkong banyak dijadikan sebagai salah satu bahan makanan yang ampuh mencegah berbagai penyakit. Karena di dalam 100 gram singkong, terdapat 154 kkal energi, 38 hingga 40 gram protein, 36,8 gram karbohidrat, 1–2 gram serat, 20 miligram kalsium, 300 miligram kalium, 20-30 miligram vitamin C hingga 25-30 mikrogram folat. Singkong juga mengandung magnesium, zinc, vitamin A, vitamin B, selenium dan beragam jenis antioksidan seperti flavonoid dan polifenol.

Dengan banyaknya nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam singkong, tentu terdapat banyak pula manfaat dari si ubi kayu ini, diantaranya:

Ampuh Turunkan Berat Badan

Singkong memiliki kandungan protein dan serat yang cukup tinggi, sehingga singkong sangat cocok dikonsumsi bagi kalian yang sedang menjalani program diet atau sekedar ingin menerapkan pola makan yang sehat.

Berdasarkan hasil penelitian The American Journal of Clinical Nutrition, serat dan pati yang berasal dari umbi-umbian mampu membantu memperlancar proses pencernaan serta mampu mengurangi keinginan untuk konsumsi makan yang manis, asin, dan berlemak tinggi. Dengan mengurangi makanan asin, manis dan berlemak tinggi, maka berat badan kalian bisa berangsur-angsur turun.

Olahan Singkong Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Tidak hanya cocok dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani program diet, singkong juga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah dibandingkan dengan makanan berpati lainnya.

Angka indeks glikemik yang rendah menunjukkan bahwa singkong lebih lambat untuk dicerna sehingga tidak mengakibatkan kenaikan gula darah secara tiba-tiba usai makan.

Hasil penelitian Journal of Nutrition and Human Health pada tahun 2018 melaporkan bahwa 40 orang yang disajikan 360 gram singkong sebelum makan, mengalami peningkatan toleransi glukosa dan kontrol glikemik yang lebih baik dari sebelumnya.

Mencegah Kanker

Singkong memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh kita. Bahkan, jika kita mengkonsumsinya secara rutin, kita bisa terhindar dari resiko penyakit kanker.

Berdasarkan studi dari National Cancer Institute, peningkatan kadar antioksidan eksogen telah terbukti dapat mencegah jenis kerusakan radikal bebas yang dikaitkan dengan pemicu sel kanker dalam tubuh.

Wah, kaya manfaat sekali si ubi kayu ini ya. 

Supaya manfaat yang terkandung di dalam singkong bisa kalian dapatkan dengan maksimal, maka kalian harus mengolah singkong dengan benar. Daripada digoreng, lebih baik olah singkong dengan cara direbus atau dikukus agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga. Hindari juga menambahkan bahan-bahan yang tinggi kalori dan lemak agar kalian tetap bisa merasakan manfaat olahan singkong untuk kesehatan. 

Beberapa resep olahan singkong yang bisa kalian coba adalah singkong Thailand, sawut singkong, agar singkong hingga es doger. Temukan juga resep olahan singkong lain yang tidak kalah lezat dan sehat dengan mengunjungi instagram FiberCreme di @FiberCreme_TV atau channel YouTube Ellenka.

Resep Kroket Kentang Super Creamy

Resep Kroket Kentang Super Creamy
Cek Resep dan Videonya

Resep Es Sari Kedelai

Resep Sari Kedelai
Cek Resep dan Videonya

Resep King Mango

Resep King Mango
Cek Resep dan Videonya
King Mango

Resep Donat kentang Crispy

Resep Donat Kentang Crispy
Cost per serving Rp. 18.328
Cek Resep dan Videonya

Resep Es Bandung Tanpa Susu

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Cek Resep dan Videonya

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Temukan FiberCreme di Alfamart, Dapatkan Hadiah Langsung

Kesulitan menemukan FiberCreme di Alfamart? Sudah cek rak santan belum? Karena FiberCreme sekarang pindah tempat untuk memudahkan kamu mendapatkan krimer serbaguna pengganti santan yang satu ini. Karena FiberCreme sekarang berjajar dengan banyak kebutuhan dapur...

5 Cara Memutihkan Gigi Mudah: Perawatan & Makanan!

Cara memutihkan gigi adalah proses bagi beberapa orang untuk membuat gigi kembali terlihat lebih bersih dan cemerlang. Sebab, sebagian orang merasa perlu memutihkan gigi karena enggak percaya diri dengan warna gigi yang sudah kuning atau memiliki noda. Bagaimana...

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Pasti Ampuh!

Cara menghilangkan bekas jerawat adalah upaya yang perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat bersih seperti semula dan menjadi semakin percaya diri. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat di wajah yang tepat. Sebab, kalau enggak segera...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...