14 Mitos Makanan Bergizi yang Biasa Kita Konsumsi

Mar 21, 2022 | Artikel, Fakta, Update | 0 Komentar

Makanan bergizi adalah jenis makanan yang mengandung nutrisi penting dalam jumlah cukup. Tubuh membutuhkan nutrisi dalam jumlah terbatas.

Sumber bahan makanan bergizi sangat beragam. Secara lengkap jika Anda mengkonsumsi jenis 4 sehat 5 sempurna, maka semua kebutuhan nutrisi akan terpenuhi. Tentu dengan jumlah dan cara penyajian bahan makanan yang tepat.

Makanan Bergizi Adalah Kebutuhan Penting, Poin Berikut Hanya Mitos

Banyak informasi yang salah tentang bahan makanan. Hal ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan zat penting karena kesalahan informasi tersebut. Beberapa poin berikut merupakan mitos makanan bergizi:  

Kol Adalah Sayuran Paling Sehat

makanan bergizi adalah

Bahan sayuran hijau yang paling baik nutrisinya adalah selada air. Sedangkan kol menduduki peringkat ke 15. Jadi untuk memenuhi kebutuhan gizi lebih baik mengganti konsumsi kol dengan selada air. Namun bukan berarti kol tidak penting.

Cara memasak yang tepat turut berpengaruh seberapa banyak nutrisi dapat masuk dalam tubuh, jadi selain jenis, untuk mengukur kadar gizi adalah dengan melihat cara pengolahannya. Jadi jangan sampai salah persepsi.

Nikmati Soda yang Aman, Pilih Jenis Khusus untuk Diet

Semua soda mengandung zat yang tidak berguna bagi tubuh, termasuk jenis untuk diet. Pembuatan minuman instan juga menggunakan gula. Kadar gula yang tinggi bisa kesehatan.

Soda merupakan minuman karbonasi yang tidak bagus bagi kesehatan tubuh. Baik varian biasa maupun diet, cara membuatnya sama, menggunakan bahan yang membutuhkan gula dalam jumlah banyak.

Salah Satu Contoh Makanan Bergizi Adalah Kacang

Kacang memang cemilan yang mengandung lemak baik. Namun bukan berarti selalu sehat. Mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan akan mengganggu kesehatan. Jadi sebaiknya batasi jumlah konsumsi kacang jenis apapun.

Beberapa kacang mengandung kolesterol baik lebih tinggi. Keberadaannya dalam secara berlebih di dalam tubuh jika tidak bisa dikeluarkan dalam proses metabolisme akan mengganggu. 

Vegetarian Selalu Bisa Mengontrol Berat Tubuh Agar Tetap Kurus

Tidak benar. Berat badan bisa naik karena penumpukan zat yang ada dalam makanan berat. Jadi jika Anda mengkonsumsi bahan-bahan yang bersumber dari tumbuhan dalam jumlah besar, dapat menaikkan berat badan secara signifikan.

Zat yang menyebabkan kegemukan adalah penumpukan karbohidrat dan lemak. Jika seorang vegetarian mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak melebihi kebutuhan, maka dapat mengalami kegemukan.

Faktanya karena tidak sarapan mengundang selera ngemil. Meski terkesan ringan, namun banyak cemilan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah banyak atau mempunyai kadar gula tinggi.

Sarapan membuat badan menjadi gemuk merupakan mitos. Justru berpotensi menghindarinya berpotensi menambah berat badan karena untuk menghilangkan rasa lapar dengan mengkonsumsi cemilan dalam jumlah tidak terkontrol.

Pilihan Pada Susu Nabati Lebih Baik Dari Pada Susu Hewani

Hal ini tidak selalu benar dan hanya merupakan mitos. Susu nabati seperti dari sari kedelai dan lainnya juga mengandung lemak. Penumpukannya dalam tubuh dapat menimbulkan residu berbahaya.

Bahan makanan nabati pun dapat saja mengandung zat yang tidak baik bagi tubuh. Jadi mana yang lebih baik antara susu nabati atau hewani, tergantung pada jenisnya. tidak bisa disamaratakan. 

Telur yang Menghambat Penyembuhan Luka

makanan bergizi adalah

Ini salah besar. Protein sangat penting dalam penyembuhan luka dan membentuk jaringan baru. Hal ini menyebabkan bagian yang terluka cepat menyatu kembali. Oleh karena itu, konsumsi telur sangat dianjurkan.

Makanan bergizi adalah penting bagi tubuh dan harus tersedia dalam jumlah sesuai kebutuhan. Seperti telur, dalam jumlah cukup dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan luka. 

Lemak Pada Buah Alpukat Membuat Gemuk

Mitos ini tentu tidak selalu benar. Meski alpukat adalah salah satu buah yang mengandung lemak dalam jumlah banyak, tidak berarti menyebabkan proses kegemukan. 

Buah ini mampu membuat rasa kenyang lebih lama sehingga justru mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak. Di samping itu, seseorang mengkonsumsi alpukat dalam jumlah terbatas sehingga tidak akan gemuk.

Yogurt, Probiotik yang Selalu Menyehatkan

Tentu hal ini hanya mitos belaka. Yogurt mengandung tambahan gula atau pemanis buatan. Konsumsi dalam jumlah berlebih dapat mengganggu kesehatan, seperti diabetes. Minumlah yogurt dalam jumlah cukup.

Multivitamin Baik untuk Kesehatan

Berikutnya, makanan bergizi adalah zat yang mengandung multivitamin. Tahukah Anda bahwa multivitamin tidak selalu menyehatkan? Meskipun kelebihannya dapat keluar bersama urin, namun tetap tidak baik.

Vitamin berupa suplemen diolah dengan cara modern. Berbagai zat ditambahkan. Bahan ini belum tentu baik, seperti tingginya kadar gula. Jadi meski berupa penambah vitamin, pastikan komposisinya. 

Cara Mengkonsumsi Wortel Terbaik Dengan Memakannya Dalam Keadaan Mentah

Salah. Beberapa zat dalam wortel, seperti antioksidan akan meningkat sampai 14 persen dengan pengolahan. Makanan bergizi adalah yang mengandung nutrisi penting, seperti wortel.

Makanan bergizi adalah Ngemil yang Tidak Baik Bagi Kesehatan

Ini juga merupakan mitos, tergantung apa yang dikonsumsi. Jika ngemil buah kaya nutrisi lengkap dan berimbang tentu boleh dan baik untuk kesehatan. Jadi jangan memberi penilaian sesaat. 

Jika mempunyai kebiasaan ngemil, sebaiknya pilih makanan sehat seperti buah yang mengandung multivitamin. Makanan bergizi adalah jenis makanan yang menyediakan multivitamin untuk tubuh, seperti buah-buahan segar.

Makanan bergizi adalah salah satunya Karbohidrat Tidak Baik Bagi Kesehatan

makanan bergizi adalah

Keliru. Biji-bijian seperti gandum sangat baik bagi kesehatan, terutama jika tersedia dalam jumlah cukup. Kandungan serat tinggi beberapa karbohidrat baik untuk proses metabolisme dan diet.

Namun dalam jumlah yang sangat banyak memang bisa mengganggu kesehatan, seperti pada penderita diabetes. Oleh karena itu, jumlah konsumsinya harus sesuai kebutuhan.

Daging Merah Kurang Baik Bagi Kesehatan

Hal ini merupakan mitos. Kandungan gizi dalam daging merah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan proteinnya juga tinggi. Mengkonsumsinya dalam jumlah cukup dapat menjaga kesehatan tubuh.

Makanan bergizi adalah bahan yang selalu cukup sesuai kebutuhan tubuh. Konsumsi zat apapun dalam jumlah banyak tidak baik bagi kesehatan. Resikonya adalah penumpukan dalam tubuh.

Sebagian orang menambahkankan santan yang mengandung lemak dalam jumlah banyak ke makanan yang diolahnya. Sedangkan zat tersebut kurang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, coba kurangi konsumsi santan dan lemak.

Sebagai contoh, Anda dapat menggantikan fungsi santan dan lemak dengan FiberCreme. Bahan makanan bergizi merupakan zat penting, dapat berasal dari hasil tumbuhan yang bisa diperoleh dengan mudah. 

FiberCreme terbuat dari bahan alami dalam jumlah cukup. Tekstur dan rasanya tidak akan merubah kenikmatan dan warna masakan. Santan yang mengandung lemak jahat dapat dikurangi dan menggantinya dengan bahan aman ini.  

Sediakan hanya berupa makanan sehat dan bergizi bagi keluarga. Makanan bergizi adalah jenis makanan yang mencukupi semua kebutuhan tubuh, tanpa berlebihan, bisa berasal dari hewan atau tumbuhan. 

Penyediaan makanan bergizi adalah wajib. Jadi, harus masuk dalam daftar kebutuhan harian rumah tangga. Namun demikian tidak perlu khawatir, bahan yang sehat tidak selalu mahal. Jenis dan jumlahnya harus tersedia dalam jumlah cukup dan jangan lupa untuk gunakan FiberCreme sebagai pengganti santan, mudah didapatkan karena tersedia di toko terdekat dan e-Commerce kesayangan Anda! 

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

Sehat Itu Mahal? Intip 5 Tips Hidup Sehat yang Hemat di Sini!

Sehat itu mahal ketika kalian sedang sakit. Tapi kalau kalian segar bugar, sehat itu sebenarnya murah! Benar, menjaga kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Namun hingga saat ini masih banyak yang beranggapan sehat itu mahal, karena hal-hal yang...

FiberCreme Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Serat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia. FiberCreme bersama Siloam Kebon Jeruk mendukung WHO menyelenggarakan Health Talk & Cooking Demo dengan tema “Pencernaan Sehat, Kesehatan Optimal”. Acara ini digelar di Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, pada 30...

Kolesterol Tinggi Minggat Karena Serat? Bener Gak Sih?

Apa benar Serat dapat mengurangi Kolesterol? Makanan yang kita konsumsi memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu jenis makanan yang dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung serat tinggi. Namun apakah...

Resep Terbaru

5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat
5 Cara Mengolah Sayuran untuk Diet Enak dan Sehat

Mengolah sayuran untuk diet menjadi tantangan bagi banyak orang. Salah cara mengolah atau memasaknya, sayuran justru bisa kehilangan nilai gizinya dan malah menaikkan berat badan. Bagi yang mau mencoba mengolah sayuran untuk diet agar hasilnya tetap enak dan sehat,...

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...