10 Masakan Sunda yang Perlu Dicoba, Nagih Rasanya!

Jan 12, 2023 | Artikel, Update | 0 Komentar

Masakan Sunda merupakan jenis masakan yang berasal dari daerah Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Masakan Sunda terkenal dengan bahan-bahan makanan yang segar dan banyak menggunakan sayuran. Selain itu, masakan Sunda juga sering menggunakan bahan-bahan dasar seperti daging sapi, ayam, dan ikan sebagai sumber protein.

Bumbu masakan Sunda biasanya terdiri dari rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan jahe yang bercampur dengan santan dan kecap. Bumbu-bumbu ini berfungsi untuk mengolah berbagai jenis masakan seperti gudeg, sate, laksa, soto, dan lain-lain.

Masakan Sunda juga sering terhidang dengan nasi putih atau nasi liwet sebagai pelengkap. Beberapa jenis masakan Sunda yang terkenal di antaranya adalah gudeg, sate maranggi, laksa Bandung, soto Bandung, rawon, timlo, nasi liwet, karedok, asinan, dan empal gentong.

Umumnya, masakan Sunda adalah salah satu jenis masakan yang populer untuk tersaji pada acara-acara besar seperti pernikahan atau syukuran. Selain itu, kepopuleran masakan Sunda juga membuatnya mudah kamu jumpai di warung-warung makan atau restoran di seluruh Indonesia.

10 Masakan Tanah Pasundan yang Jadi Favorit Masyarakat Indonesia!

Di bawah ini adalah 10 masakan khas sunda yang terkenal dan menjadi favorit masyarakat Nusantara. 

  • Nasi Tutug Oncom: Makanan khas Sunda yang terbuat dari nasi yang di-tutug atau ditumbuk bersama oncom yang sebelumnya telah digoreng. Santap nasi ini dalam kondisi masih hangat agar terasa nikmat.
  • Sate Maranggi: Sate yang terbuat dari daging sapi dengan potongan kecil-kecil dan dibakar di atas arang. Sate ini biasanya tersaji dengan bumbu kecap dan sambal.

  • Laksa Bandung: Masakan yang terbuat dari kuah kaldu dan bercampur sayuran, tahu, tempe, dan daging sapi. Laksa Bandung biasanya terhidang dengan nasi atau bihun.
  • Soto Bandung: Masakan yang terbuat dari kuah soto dengan daging sapi dan sayuran. Seperti halnya laksa Bandung, soto Bandung biasanya lengkap dengan nasi putih atau bihun.
  • Bakakak Hayam: Makanan dengan ragam rempah sehingga memiliki cita rasa khas yang tersaji dalam bentuk satu ekor ayam. Ciri khas masakan ini adalah ayam dibelah dua, tetapi tidak terpisah.

BACA JUGA10 Masakan Sunda yang Perlu Dicoba, Nagih Rasanya!

  • Nasi Liwet: Nasi dengan bumbu khusus bercampur daging sapi atau ayam. Nasi liwet biasanya tersaji dengan telur, tahu, tempe, dan sambal goreng krecek. Campuran santan akan membuatnya makin gurih.
  • Karedok: Masakan yang terdiri dari sayuran mentah dengan potongan-potongan kecil dengan campuran bumbu kacang. Nasi putih atau ketupat akan membuat karedok semakin sedap.
  • Asinan: Masakan yang terdiri dari sayuran yang diasinkan dengan campuran bumbu kacang. Agar semakin nikmat, kerupuk atau emping dapat melengkapi asinan.

  • Empal Gentong: Masakan yang terbuat dari daging sapi dengan bumbu khusus yang dimasak dalam wajan besar bersama dengan kentang, tahu, dan tempe. Empal gentong makin lezat dengan nasi putih atau lontong serta siraman santan.
  • Tahu Gejrot: Penganan satu ini berbahan dasar irisan tahu goreng dengan kuah yang terbuat dari cabai, kencur, cabai merah, rawit dan hijau, bawang merah, gula merah, garam, yang kemudian lengkap dengan air asam, air, serta kecap manis.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai masakan Sunda dan 10 jenisnya yang khas dan populer di Indonesia. Selain 10 makanan Sunda di atas, ada pula aneka kuliner khas Sunda yang tak kalah nikmatnya dan perlu kamu cicipi, antara lain batagor, seblak, cireng, dan soto mie Bogor.

BACA JUGA Di Mata Najwa, William Wongso Ungkap Cerita di Balik Jamuan Akbar G20

Beragam masakan Sunda ini terbilang sangat mudah kamu temukan di berbagai tempat di sekitar. Namun, tak ada salahnya kalau kamu ingin mengkreasikan sajian makanannya di dapur rumah sendiri. Kamu ingin segera mengolah dan menyantapnya?

FiberCreme Bikin Aneka Masakan Khas Sunda Makin Lezat!

Gimana, enggak sabar menyantap beragam sajian ini di warung-warung masakan Sunda? Atau, kamu ingin mengkreasikannya jadi olahan versi kamu sendiri? Nah, enggak ada salahnya kamu mencoba menambahkan FiberCreme pada salah satu makanan khas Sunda berbahan dasar santan, seperti laksa Bandung, soto Bandung, nasi liwet, dan empal gentong.

FiberCreme adalah krimer bubuk sumber serat yang bisa membantu menambah asupan serat harianmu secara praktis. FiberCreme bisa menjadi alternatif pengganti santan untuk makan-makanan khas Sunda favoritmu agar kamu bisa makan dengan tenang bila saat ini kamu sedang menjalani program diet.

Selain tinggi serat, FiberCreme juga rendah gula, mengandung nol miligram kolesterol, serta bebas gluten. Krimer bubuk ini juga akan menjadikan aneka sajian Tanah Pasundan yang kamu buat enggak cepat basi. Selain itu, FiberCreme juga halal dan sudah terdaftar di BPOM.

Yuk, bikin hidangan khas Sunda versi kamu sendiri dengan FiberCreme! Dapatkan juga resep-resep makanan sehat dan lezat ala FiberCreme hanya di akun Instagram @FiberCreme_TV dan kanal YouTube Ellenka!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terbaru

6 Penyebab Anak Sembelit yang Harus Bunda Waspadai!

Ada banyak penyebab anak sembelit atau kesulitan buang air besar. Masalah pencernaan ini memang bisa terjadi pada siapapun, termasuk balita dan bahkan bayi. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, sembelit juga berbahaya bila tidak segera ditangani. Karena dalam jangka...

Lapar Atau Stres? Cek 5 Cara Mengatasi Stress Eating!

Di era modern ini, kita makan bukan hanya karena lapar. Ada juga yang dinamakan stress eating atau emotional eating, yaitu makan karena ada perasaan tertekan atau stres. Hal ini terjadi juga pada kalian? Yuk cari tahu apa itu stress eating dan bagaimana cara...

Bukan Cuma Sembelit, Ini 4 Akibat Lain Kalau Anak Kekurangan Serat

Kekurangan serat bukan hanya masalah untuk orang dewasa. Faktanya, anak-anak pun mengalami masalah ini. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan 2018 kemarin, 9 dari 10 anak mengalami kekurangan serat. Mereka rata-rata hanya mengonsumsi 4,7 gram serat per hari....

Apa Itu Real Food? Katanya Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lho!

Di tengah semakin banyaknya orang yang beralih ke gaya hidup sehat, banyak juga muncul istilah asing tentang diet. Salah satunya adalah "real food," yang dipercaya bisa mendukung gaya hidup sehat. Bahkan, kita mengatakan bahwa real food bisa mendukung program...

Yakin Masih Lapar? Ini Lho 6 Tanda Tubuh Sebenarnya Sudah Kenyang

Tubuh menciptakan  rasa lapar untuk memberi tahu kita ini saatnya untuk makan. Tubuh juga memberi tahu kita untuk berhenti makan saat sudah kenyang. Tapi kesibukan dan banyak hal lainnya membuat kita mengabaikan tanda tubuh sebenarnya sudah kenyang. Akibatnya, kita...

Resep Terbaru

Creamy Coconut Coffee

Creamy Coconut Coffee 20 grams FiberCreme100 ml coconut water120 gr ice cubes3 grams instant coffee15 grams sugar Blend all ingredients until smooth.Transfer to a serving cup, then serve.

Croissant Cereal Recipe
Croissant Cereal Recipe

  Croissant Cereal 20 grams FiberCreme, dissolved in 280 ml warm water 1 pc store-bought puff pastry20 grams sugar3 grams cinnamon powder Mix together sugar and cinnamon powder, set aside.Cut puff pastry into three rectangles of the same size. Then cut each...

3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!
3 Ragam Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Di masa modern ini, sudah sangat banyak jenis jajanan yang diperjualbelikan. Baik di sekolah-sekolah, toko camilan, bahkan di supermarket. Tapi, apakah jajanan tersebut semuanya aman dikonsumsi? Untuk memastikan anak-anak bisa mengkonsumsi jajanan yang lagi trend saat...

Resep Es Bandung Tanpa Susu
Resep Es Bandung Tanpa Susu

  Resep Es Bandung Tanpa Susu Resep es bandung tanpa susu ganti dengan FiberCreme. Dapatkan FiberCreme di supermarket dan market place kesayanganmu! Jangan tertipu namanya, karena minuman ini bukan dari kota Bandung di Indonesia lho!Sambil cari-cari info tentang...

Resep Sari Kedelai
Resep Sari Kedelai

  Resep Sari Kedelai Tantangan utama kalau bikin susu kedelai adalah gimana menyingkirkan bau langunya, bener gak? Nah, sekarang Minchef mau bocorin rahasia nih gimana cara bikin susu kedelai yang bebas bau langu. Langsung aja ikutin caranya di atas yuk, dan...