Bagi masyarakat awam, bakteri mungkin selalu diasosiasikan dengan penyebab dari berbagai penyakit. Tapi tahukah Anda kalau tidak semua bakteri itu bersifat patogen atau jahat? Ada juga bakteri baik yang bukan hanya hidup didalam tubuh manusia, tapi juga sangat dibutuhkan keberadaannya untuk kesehatan. Jumlahnya pun tidak main-main. Ada jutaan bakteri baik yang hidup dalam pencernaan manusia, seperti bakteri probiotik yang bertugas membantu proses pencernaan makanan.

Bakteri probiotik ini secara alami dapat ditemukan dalam bentuk koloni di usus. Untuk menjaga agar jumlahnya seimbang sehingga kita terhindar dari gangguan sistem pencernaan, bakteri ini harus terus hidup dan berkembang biak. Jumlah probiotik dalam tubuh juga dapat diperbanyak dengan mengonsumsi makanan berfermentasi seperti yogurt, tahu, tempe dan kimchi.

 

Lalu, Apa Itu prebiotik?

Walaupun terdengar sama, prebiotik sama sekali berbeda dengan probiotik. Prebiotik bukanlah mikroorganisme, melainkan nutrisi yang diperlukan bakteri probiotik untuk dapat tetap hidup dan melakukan tugasnya untuk menjaga kesehatan pencernaan. Singkatnya, prebiotik adalah makanan bagi probiotik.

Prebiotik sendiri adalah serat yang tidak bisa dicerna tubuh. Hanya bakteri probiotik yang bisa mengolah serat ini, memfermentasikannya jadi zat yang membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik, sekaligus mengoptimalkan proses penyerapan mineral dalam makanan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Jadi kalau ditanya mana yang lebih baik untuk tubuh, probiotik dan prebiotik sama-sama memiliki peran penting untuk pencernaan. Prebiotik bisa didapat dari mengonsumsi beberapa jenis buah tinggi serat seperti apel dan pisang, serta oat, bawang putih, bawang merah dan brokoli. Tapi sekarang ada juga cara yang lebih mudah dan enak untuk memberi makan bakteri probiotik di usus kita: dengan FiberCreme.

 

Kenapa Harus FiberCreme?

Terbuat dari serat oligosakarida dan minyak kelapa yang bebas lemak trans, FiberCreme adalah krimer serbaguna yang dapat dicampurkan ke berbagai makanan dan minuman untuk membuatnya lebih creamy dan lezat, sekaligus membuatnya mengandung lebih banyak prebiotik yang baik untuk bakteri dalam pencernaan.

Selain mengandung lebih tinggi serat, FiberCreme juga bebas dari kolesterol dan memiliki glikemiks indeks yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes. FiberCreme juga bebas laktosa, sehingga bisa dijadikan alternatif susu untuk si kecil yang memiliki intoleransi terhadap laktosa.

Saat ini FiberCreme bisa didapat di mini market seperti Indomaret dan Alfamidi, serta supermarket seperti Hero, Super Indo, Hypermarket, Giant dan lain-lain. Untuk yang masih kesulitan menemukan FiberCreme di kota masing-masing, bisa juga melakukan pembelian melalu platform seperti Blibli.com, Tokopedia.com, Kalbestore.com, Shopee.com, Blanja.com dan Bukalapak.com.

 

 

 

Share This