Minum teh pasti sudah jadi rutinitas untuk banyak dari Anda. Apalagi sekarang ada banyak cara mudah untuk menikmati teh dimanapun dan kapanpun. Kalau dulu hanya ada daun teh kering yang harus diseduh dulu, sekarang ada teh celup yang tinggal dicampur dengan gula dan air panas, teh instan dalam bentuk bubuk, hingga teh siap minum dalam kemasan kotak atau botol.

Ditambah lagi, sekarang ada banyak minuman kekinian berbahan dasar teh. Sebut saja teh tarik yang juga cukup populer di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, atau Thai tea yang merupakan campuran teh Thailand, susu, gula dan rempah-rempah seperti kapulaga dan bunga lawang. Belum lagi minuman yang terbuat dari teh hijau atau matcha.

Meski ada banyak jenis teh yang beredar di pasaran, sebenarnya teh memiliki hanya 4 varian, yaitu teh hijau, teh hitam, teh putih dan teh oolong. Walaupun jenisnya tidak sebanyak kopi, teh ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak. Apa saja itu? Nah dibawah ini adalah 7 keuntungan yang bisa Anda dapat jika rutin mengonsumsi teh.

1. Mengatasi Nafas Bau dan Masalah Mulut

 

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa sama seperti kopi, teh mengandung zat yang membuat gigi menjadi kuning. Padahal, teh justru terbukti baik untuk membantu mencegah masalah mulut, seperti menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta mengatasi bau mulut.

Menurut penelitian, teh hijau mengandung catechin yang baik untuk menurunkan jumlah bakteri jahat dan asam di mulut, sehingga bisa memperlambat proses pembentukan lubang di gigi. Sebuah penelitian lain di Chicago juga menunjukkan bahwa kandungan polifenol dalam teh juga bisa mengontrol bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Ditambah lagi, kandungan anti radang dalam teh hijau bisa mencegah penyakit yang berhubungan dengan gusi.

2. Meningkatkan Ingatan, Fokus dan Konsentrasi

 

Teh juga disebut bisa membuat Anda menjadi lebih pintar. Menurut sebuah studi, perpaduan kafein dan L-Theanin yang secara alami terdapat di teh bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, walaupun untuk dalam jangka pendek. Ketika sedang tidak bersemangat, coba minum secangkir teh agar Anda bisa lebih fokus dalam bekerja atau mengerjakan tugas.

3. Mencegah Keracunan Makanan

Selain membunuh bakteri jahat di mulut, catechin yang dikandung teh juga berguna untuk mengatasi keracunan makanan. Zat ini bisa mengurangi berbagai jenis bakteri penyebab keracunan makanan, seperti bacillus cereus yang muncul akibat proses memasak atau proses penyimpanan bahan makanan yang salah. Catechin juga meminimalisir efek zat berbahaya yang ditimbulkan bakteri-bakteri tersebut.

4. Melangsingkan dan Menghambat Penuaan

 

Teh bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Sebabnya, teh bisa menurunkan level kortisol yang merupakan hormon stress penyebab menumpuknya lemak perut dan penuaan kulit. Menurut sebuah penelitian, 4 cangkir teh setiap hari bisa menurunkan kadar kortisol sehingga memperlambat proses penuaan dan membuat tubuh jadi lebih langsing.

Dan bicara soal langsing, teh juga membantu meningkatkan metabolisme. Sudah banyak studi yang menunjukkan bahwa dengan bantuan teh hijau, Anda bisa membakar lebih banyak hingga 70-80 kalori per hari. Memang bukan jumlah yang signifikan, tapi coba hitung berapa banyak kalori yang bisa Anda kurangi dalam satu bulan hanya dengan rutin minum teh dalam periode tersebut.

5. Mengatasi Mata Bengkak dan Lelah.

 

Mata juga bisa merasa lelah, apalagi setelah seharian di depan komputer atau berjam-jam menatap layar ponsel. Untuk membuat mata jadi lebih segar, Anda bisa memanfaatkan kafein yang dikandung teh. Caranya, rendam dua kantung teh dalam air hangat, kemudian masukkan ke dalam freezer selama beberapa menit sebelum menempelkannya ke mata Anda selama lima menit. Sifat anti radang yang dimiliki teh juga bisa meredakan mata bengkak serta menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata.

6. Menurunkan Kolesterol

 

Kolesterol memang masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap enteng. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh adalah awal dari berbagai macam penyakit, terutama yang berhubungan dengan jantung. Nah menurut sebuah studi dari Cina, teh ternyata bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Studi tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang mengadopsi diet rendah lemak dan melengkapinya dengan teh rata-rata bisa menurunkan hingga 16 persen lebih banyak kolesterol jahat dalam tubuh daripada mereka yang hanya hanya mengadopsi diet rendah lemak.

7. Mencegah Kanker

 

Antioksidan yang dikandung teh hijau diperkirakan bisa membantu mencegah munculnya beberapa jenis kanker. Jenis-jenis kanker yang bisa dicegah teh masih jadi perdebatan hingga saat ini, tapi beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau secara rutin memiliki resiko lebih rendah untuk terkena kanker paru-paru, prostat dan payudara.

Cukup banyak kan bukti kalau teh punya manfaat besar untuk kesehatan dan kecantikan? Yuk mulai rutin mengonsumsi teh, dan jadikan waktu minum teh Anda jadi lebih asyik dengan menambahkan FiberCreme, krimer multifungsi yang membuat makanan dan minuman apapun terasa lebih enak dan creamy. Selain itu FiberCreme juga baik untuk pencernaan, karena terbuat dari oligosakarida yang merupakan prebiotik untuk bakteri-bakteri baik di usus.

X