Mencari Cinta ke Ujung Timur Indonesia di Danau Cantik Berbentuh Hati

Aug 9, 2019 | Artikel, Berita

Cinta sejati itu butuh perjuangan untuk ditemukan. Paling enggak itulah nilai moral yang kamu dapet setelah nonton episode ke 8 Ekspedisi Segaris. Kali ini, Kevin Hendrawan bakal ajak kamu “mencari cinta” ke ujung timur Indonesia, tepatnya di Papua.

Tapi jangan keburu ge-er dulu ya. Mencari cinta ala Kevin adalah menjelajahi danau-danau yang uniknya punya bentuk hati. Walau punya bentuk mirip yang sama indahnya, danau-danau ini tetep punya karakteristik dan keistimewaan sendiri-sendiri.

Telaga Cinta Karawapop yang penuh rintangan

Pertama-tama, yuk intip keindahan Telaga Cinta Karawapop yang berada di kawasan Raja Ampat, distrik Misool, Papua Barat. Telaga ini lumayan butuh perjuangan keras untuk dijangkau, karena letaknya tersembunyi diantara tebing batu karang dan bukit-bukit berwarna hijau menyejukkan mata.

Setelah menerjang ombak yang lumayan tinggi dari Sorong ke Misool, kamu masih harus naik speedboat untuk sampai ke kawasan telaga. Jangan kuatir tersesat, karena banyak penduduk lokal yang bersedia mengantar kamu sampai kesana.

Untuk masuk kesini kamu juga bakal ditarik biaya sekitar Rp 50.000. Mahal? Tunggu sampai kamu ketemu dengan danau berwarna toska dan berbentuk seperti hati yang nyaris sempurna ini. Uang yang kamu keluarkan gak akan ada apa-apanya dibanding semua keindahan yang ditawarkan.

Biar bisa melihat bentuk hatinya secara utuh, kamu harus rela bercapek-capek menaiki ribuan anak tangga untuk menuju bukit yang lumayan tinggi. Dipuncaknya ada semacam gardu pandang dimana kamu bisa sekedar mengagumi pemandangan telaga  atau  foto-foto dengan hati raksasa berwarna biru ini sebagai latar belakangnya.

Asyiknya, telaga ini bukan cuma untuk dipandangi aja. Diujung lekukan sebelah kanan ada dermaga yang bakal mengantar kamu menikmati air jernih yang jadi tempat tinggal terumbu karang dan biota laut cantik lainnya.

Meraih cinta yang lebih mudah di Danau Imfote

Cinta itu bukan cuma satu. Danau cinta di Papua juga ternyata ada beberapa. Selain yang udah disebutin diatas, ada lagi yang namanya Danau Imfote atau Danau Cinta Sentani yang punya bentuk sama. Hanya aja danau ini terletak di daerah yang relatif lebih mudah dijangkau.

Danau Imfote masuk ke wilayah Kampung Puai, distrik Yokini, Kabupaten Jayapura. Dari Jayapura, kamu bisa menempuh perjalanan darat selama 2 jam kesini. Kalau dari Kotaraja, kamu butuh sekitar 1,5 jam berkendara kearah Wamea atau Bandara Sentani. Gak tahu jalan? Google Maps bisa nunjukin lokasi danau ini dengan akurat kok.

Akses ke danau ini bisa dibilang sudah sangat bagus, walaupun kamu mungkin masih menemukan adanya pembangunan jalan di beberapa ruas. Sudah gitu, kamu masih bakal dihibur dengan pemandangan bukit-bukti hijau yang masih sangat asri. Diujung perjalanan ini, kamu bakal dibuat terkesima dengan keindahan Danau Sentani yang duduk tenang diantara rumput-rumput hijau lebat serta pegunungan Cyclops yang berdiri megah di kejauhan.

Danau ini terletak di bagian tanah yang rendah, jadi dari kejauhan agak terlihat seperti ceruk berisi air. Gak perlu trekking melalui medan curam. Naik sedikit ke bukit terdekat kamu udah bisa lihat bentuk hati dari danau ini. Karena itu lokasi ini lumayan popular bagi pasangan yang akan melakukan sesi foto pre-wedding.

Danau ini belum dikelola oleh pemerintah. Tapi biasanya kamu akan diminta sumbangan sekitar Rp 50.000 untuk pengendara mobil dan Rp 20.000 untuk pengendara motor oleh warga sekitar.

Jatuh cinta dengan danau lain di Papua

Papua masih menyimpan ratusan, bahkan ribuan kecantikan alam lain. Gak jauh dari Danau Imfote, kamu bisa mengunjungi Danau Sentani yang udah terkenal duluan dan udah sering dijelajahi untuk berbagai acara TV. Lalu ada Lake Kutubu yang berada di dataran tinggi Papua selatan dan merupakan danau terbesar kedua di Papua dengan luas sekitar 250 km2 dan kedalaman hingga 70 meter.

Sementara itu, gelar danau paling luas di Papua dipegang oleh Danau Murray yang berada di Distrik Fly Tengah, Provinsi Papua Barat, dan punya luas sekitar 650 km2. Selain dikenal sebagai spot wisata yang indah, sejuk dan menenangkan, danau ini juga dikenal sebagai spot mancing yang oke karena cuma disini kamu bisa dapet ikan dengan ukuran monster alias gede banget.

Ternyata ada banyak alasan ya untuk mencari cinta sampai Papua? Tapi ikut bantu jaga kelestarian alamnya ya, dengan gak buang sampah sembarangan dan gak melakukan aksi-aksi vandalisme. Selain nikmati suasana alamnya, gak ada salahnya juga keliling Papua buat nyobain keberagaman kulinernya. Karena bakal banyak banget yang bisa kamu icipin, selalu bawa FiberCreme agar semua makanan dan minuman kamu terasa makin lezat, creamy, tapi tetep tinggi serat.

X