Makan Lemak Makin Kurus? Cuma Diet Keto Yang Bisa!

Feb 8, 2019 | Artikel

Menurunkan berat badan biasanya identik dengan mengurangi asupan lemak. Tapi diet keto beda. Diet ini justru mewajibkan Anda untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak supaya tubuh cepat ramping sekaligus terhindar dari beberapa penyakit berbahaya. Kok bisa?

Diet ketogenik, atau yang lebih populer disebut diet keto, gampangnya adalah diet tinggi lemak dan sangat rendah karbohidrat. Jenis diet keto yang paling banyak dipraktekkan di masyarakat adalah Standard Ketogenic Diet (SKD), yang mengharuskan pelakunya mengonsumsi sekitar 75% lemak, 20% protein dan hanya 5% karbohidrat. Jauh sekali kan perbedaan jumlah lemak dan karbohidratnya?

Nah, ketika Anda mengurangi karbohidrat dalam jumlah banyak, maka tubuh akan memasuki kondisi metabolisme yang disebut ketosis. Pada kondisi ini, tubuh akan lebih cepat dan efektif membakar lemak dalam tubuh, dan kemudian mengubahnya menjadi energi. Selain itu, kondisi ini juga akan memicu lemak agar diolah menjadi zat bernama keton di liver, yang berguna untuk menyediakan energi untuk otak.

 

 

Diet keto untuk program penurunan berat badan

Berita bagus untuk Anda yang ingin kurus dengan cepat! Sebuah penelitian menyebut bahwa orang-orang yang mengadopsi diet keto bisa mengurangi berat badannya hingga 2,2 kali lebih banyak daripada mereka yang mengadopsi diet rendah lemak dan kalori. Dan karena Anda harus memperbanyak asupan lemak, diet keto ini normalnya tidak akan membuat Anda merasa kelaparan.

 

Show More

Diet keto untuk kesehatan

Diet keto awalnya disarankan ahli gizi hanya untuk mereka yang memiliki penyakit syaraf seperti epilepsi. Saat ini selain menurunkan berat badan, diet ini juga banyak diadopsi mereka yang ingin hidup lebih sehat dan menurunkan resiko berbagai penyakit, termasuk diabetes.

Diet keto terbukti bisa menurunkan gula darah dan kadar insulin dengan signifikan. Jadi, diet ini tidak diragukan lagi baik untuk diadopsi penderita diabetes. Ditambah dengan fakta bahwa diet ini juga bisa mengurangi banyak lemak yang bisa menyumbat aliran darah, diet keto juga bagus untuk menurunkan kolesterol jahat yang bisa berujung pada gangguan jantung.

 

Efek samping diet keto

Untuk Anda yang menjadikan nasi dan karbohidrat lain sebagai sumber energi utama, maka bersiaplah untuk merasa sangat lapar, lemas, bahkan pusing dan susah tidur di beberapa hari pertama. Ada baiknya untuk mengadopsi diet rendah karbohidrat dulu sebelum mengurangi asupan karbohidrat secara drastis.

 

Gimana, tertarik mencoba diet keto? Agar nutrisi yang masuk ke tubuh tetap seimbang, konsultasikan dulu ya ke ahli gizi mengenai rencana diet Anda. Dan agar program penurunan berat badan Anda makin lancar, yuk bikin menu keto Anda makin tinggi serat dengan FiberCreme yang bisa bantu mengoptimalkan kerja pencernaan sekaligus membuat makanan dan minuman favorit Anda jadi lebih creamy dan enak.

(*)

Show Less

X