Kenalan Yuk Dengan Wine Halal Dari Aceh!

Aug 2, 2019 | Artikel, Berita

Ketika denger kata Aceh, hal apa yang pertama kali kamu pikirkan?

Sebagai provinsi istimewa dengan julukan “serambi Mekah”, kamu pasti bayangin suasana daerah yang islami banget kan? Dan kalau emang udah pernah kesana, kamu bakal lihat kalau budaya Islam masih sangat kental disana.

Terus apa yang kamu pikirkan ketika denger ada wine yang berasal dari provinsi ini? Padahal wine biasanya kan mengandung alkohol dan dikategorikan haram untuk umat muslim.

Tapi beneran lho, memang ada wine yang bisa kamu temui di Aceh. Dijual bebas malah. Dan yang lebih bikin penasaran, wine-nya diperbolehkan untuk diminum orang Muslim alias halal. Wine macem apa sih itu?

Macam-macam kopi unik dari Aceh

Jangan khawatir, wine yang dimaksud gak dibikin pakai anggur dan alkohol seperti yang selama ini kita tahu kok. Jadi di Aceh sana ada menu kopi wine yang dibikin dari fermentasi biji kopi. Ceri kopi berwarna merah akan dimasukkan ke kantong-kantong plastik tertutup dan didiamkan selama 30-60 hari agar aroma dan rasa manis dari ceri kopi meresap ke bijinya. Setelah proses itu, ceri kopi dijemur sampai kering dan digiling agar kulit merahnya lepas. Baru kemudian di roast dan diolah jadi minuman kopi.

Panjang ya prosesnya? Makanya jangan heran kalau kopi wine jadi primadona di daerah asalnya sana, dan bahkan jadi salah satu kopi favorit Kaesang saat muncul bareng Kevin Hendrawan di episode ke 7 Ekspedisi Segaris.

Karena Aceh juga dikenal dengan kopinya, rasanya kurang ya kalau cuma nyobain satu jenis kopi?  Makanya di episode ini kamu juga diajak lihat cara menyajikan dan minum kupi khop kopi terbalik. Sesuai namanya, kopi ini disajikan di gelas dalam posisi terbaik.

Kupi khop ini berasal dari kebiasaan masyarakat Aceh yang doyan ngopi dan bahkan membawa kopi sebagai bekal saat melaut mencari ikan. Nah penyajian gelas terbalik ini fungsinya adalah menjaga kopi agar hangat lebih lama.

Dan gak seperti kopi biasanya, kupi khop ini dibikin dari biji kopi utuh yang dibelah jadi empat dan disajikan di gelas yang kemudian ditutup dengan alas piring kecil, dan dibalik. Cara minumnya? Seruput aja kopi yang meresap keluar dari antara gelas dan alasnya.

Ratu Kopi Yang Jadi Barang Mewah di Eropa

Omong-omong soal kopi Indonesia, gak lengkap kalau belum cobain kopi khas Toraja yang gak kalah enak dan terkenal. Bahkan saking enaknya, kopi Toraja sering disebut queen of coffee, atau ratunya kopi, dan seakan jadi barang mewah untuk orang-orang di negara Eropa Utara.

Di tempat asalnya, setelah dipanen biji kopi akan diolah secara manual. Bahkan proses penumbukannya pun masih tradisional, dengan menggunakan alu dan lesung. Buat kamu yang belum pernah cobain sendiri, kopi Toraja punya cita rasa yang kuat dan kaya rasa, tapi kadar asamnya sangat rendah.

Kopi-Kopi Indonesia yang Mendunia

Selain Aceh dan Toraja, Indonesia juga punya jenis kopi yang enggak kalah beken dari berbagai daerah. Sebut aja kopi Bali, yang merupakan jenis Arabika dan kebanyakan tumbuh di daerah Kintamani.  Lalu ada kopi Flores yang cukup pekat tapi punya rasa cokelat dan vanilla dengan aftertaste seperti kacang-kacangan.

Hebat ya Indonesia. Dari satu negara aja bisa tumbuh puluhan jenis kopi yang punya ciri khas sendiri-sendiri. Bahkan ada yang diekspor ke negara-negara maju dan jadi komoditi berharga super mahal.

Jadi mari belajar dari kopi, yang bisa bikin bangga dengan keberagamannya. Yang tumbuh tersebar dari ujung timur ke barat Indonesia, di dataran tinggi dan rendah, dan diolah dengan macam-macam cara untuk menciptakan rasa yang berbeda-beda tapi tetap disukai dan dicari. #bedaituindah lho, dan  perbedaan jugalah yang bikin Indonesia jadi negeri kaya raya.

Balik lagi ke kopi, jenis apa nih yang jadi favorit kamu? Apapun pilihan kamu, ada FiberCreme lho yang siap bikin kopi kamu semakin enak, creamy dan tinggi serat.

X