Makanan dan minuman bersantan memang enak dan bikin ketagihan. Jadi wajar saja kalau sajian-sajian seperti rendang, dawet, opor ayam, dan gulai hampir selalu pasti ada dalam setiap acara spesial. Dan karena seringkali dibuat dalam jumlah besar, akhirnya banyak juga yang bersisa, kemudian disimpan dan malah menjadi basi. Sayang kan, kalau makanan enak tersebut malah harus dibuang?

Memang makanan bersantan dikenal tidak bisa disimpan terlalu lama. Dalam lemari es, makanan bisa bertahan hanya beberapa hari saja. Ketahanannya jadi lebih rendah lagi kalau disimpan dalam suhu ruang. Meski begitu, tetap ada kok caranya agar makanan bersantan jadi lebih awet. Yuk simak caranya dibawah ini.

 

Gunakan Air Matang untuk Membuat Santan

Makanan bersantan yang awet dimulai dari kualitas santan yang digunakan. Kalau kamu membuat sendiri santanmu, gunakan air hangat dan matang untuk campuran kelapa parutnya. Kenapa? Karena air yang matang lebih terjamin kebersihannya, sehingga kualitas santan yang dihasilkan juga lebih baik.

 

Simpan Santan dalam Wadah Plastik

Jika tidak ingin langsung digunakan, santan bisa direbus dulu hingga mendidih, dan didinginkan sebelum disimpan dalam wadah plastik yang tertutup rapat dan disimpan dalam lemari es biasa. Harus wadah plastik yang tertutup rapat ya, jangan gunakan wadah logam karena bisa mempengaruhi rasanya. Cara ini bisa membuat santan tahan selama 4 hari. Agar bisa awet lebih lama hingga satu bulan, simpan santan dalam freezer.

 

Hindari Aduk Makanan Bersantan Setelah Dipanaskan

Untuk makanan yang menggunakan santan, simpan dalam wadah plastik di lemari es. Ketika ingin dikonsumsi, panaskan hingga mendidih dan hindari mengaduk makanan setelahnya agar protein lemak dalam makanan tersebut tidak terkontaminasi dengan udara dan mengakibatkannya cepat basi. Jika memang harus diaduk setelah dipanaskan, letakkan kembali makanan di atas kompor dan panaskan hingga mendidih sebelum disimpan lagi.

 

Hindari Simpan Makanan Terlalu Lama

Jika tidak buru-buru ingin dikonsumsi, makanan bisa disimpan dalam freezer. Dalam lemari pembeku, makanan memang bisa bertahan lebih lama, tapi hindari menyimpannya lebih dari satu minggu agar rasa makanan tidak berubah.

Menyimpan makanan bersantan supaya tidak basi memang susah-susah gampang. Kalau malas mengikuti cara-cara diatas, ada lho cara lain untuk menyimpan makanan agar lebih awet, yaitu mengganti santannya dengan FiberCreme yang rendah kolesterol dan jauh lebih sehat.

FiberCreme dibuat dari bahan pilihan yang tahan lama meski tanpa pengawet, dan diproses dengan sangat higienis. Karena kandungan lemaknya yang jauh lebih rendah daripada santan, FiberCreme punya tingkat stabilitas yang lebih baik sehingga makanan jadi tidak mudah rusak.

 

Share This