Bukan Hanya Untuk Tulang dan Gigi, Ini 7 Manfaat Lain Susu Sapi!

Mar 8, 2019 | Artikel

Pasti sudah sering kan mendengar kalau susu itu sehat? Susu, terutama susu formula bayi dan susu anak, memang merupakan sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Bukan hanya untuk anak-anak yang sedang tumbuh, susu juga menjaga tulang orang dewasa agar tetap kuat dan melindunginya dari osteoporosis.

Tapi ternyata manfaat susu bukan hanya itu lho! Susu juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa bantu mengurangi stres hingga mendukung program penurunan berat badan Anda. Yuk terus baca untuk tahu manfaat susu lainnya!

Membantu tidur lebih nyaman

Susu mengandung asam amino bernama triptofan yang bisa menenangkan saraf otak, sehingga otak bisa lebih mudah beristirahat. Selain itu, asam amino ini juga bisa diubah tubuh menjadi hormon melatonin yang memungkinkan tubuh jadi lebih rileks sehingga Anda bisa tidur lebih lelap. Itulah kenapa Anda disarankan minum susu ketika merasa kesulitan untuk tidur.

Mengurangi stres

Karena punya efek membuat tubuh jadi lebih santai, susu sangat disarankan untuk Anda yang sedang lelah, baik secara fisik maupun mental. Setelah hari yang tegang dan melelahkan di kantor, Anda bisa bersantai sambil minum segelas susu hangat untuk merilekskan tubuh dan menenangkan saraf.

Mengurangi gejala PMS

Rasa tidak nyaman di perut dan perubahan hormon ketika PMS atau Pre-Menstrual Syndrome bisa membuat Anda uring-uringan sepanjang hari. Menurut sebuah penelitian oleh Universiy of Massachusetts, Anda bisa mengonsumsi susu karena kandungan kalsium dan vitamin D-nya bisa bantu menstabilkan mood dan membuat Anda jadi lebih berenergi ketika masa-masa datang bulan.

Menurunkan berat badan

Ketika Anda sedang diet, menghindari susu ternyata justru cara yang salah lho! Ada studi yang menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi susu rendah lemak malah bisa menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi susu sama sekali. Hal ini karena susu membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga mengurangi keinginan Anda untuk makan banyak atau ngemil. Tapi konsumsi susu untuk mengontrol lemak tubuh harus tetap barengi dengan diet rendah kalori ya!

Show More

Menghaluskan kulit

Mandi susu bikin cantik itu bukan cuma mitos lho, karena susu memang punya khasiat yang bagus untuk kulit. Kandungan laktosanya terbukti bisa mengatasi kulit terbakar matahari, menghilangkan jerawat, memperkecil pori-pori dan mencerahkan warna kulit. Selain rutin diminum, kamu bisa pakai susu dan bahan-bahan lain seperti madu, alpukat, atau buah lemon untuk masker wajah.

Mempengaruhi kesuburan

Susu juga bisa membantu Anda yang sedang merencakan untuk memiliki bayi. Menurut sebuah studi dari Universitas Harvard, wanita yang rutin mengonsumsi susu tinggi lemak akan cenderung beresiko lebih rendah untuk memiliki masalah ovulasi. Jadi mulai masukkan susu kedalam diet Anda ya!

Memperkaya rasa masakan

Pecinta kuliner, terutama kuliner internasional, pasti sudah tahu tentang susu yang membuat masakan jadi lebih enak. Mulai puding, hingga pasta, hingga berbagai jenis minuman, kebanyakan resep pasti menggunakan susu dairy agar terasa lebih creamy.

Hmmm.. terbayang enaknya kan? Sayangnya tidak semua orang lho bisa menikmati enaknya susu lho. Beberapa orang yang tidak toleran terhadap laktosa pasti akan menghindari susu dan segala macam masakan yang dibuat menggunakan susu.

Tapi sekarang menggantikan susu di banyak resep masakan bukan hal yang sulit. Kan ada FiberCreme, krimer non-dairy yang bukan hanya creamy tapi juga tinggi serat agar Anda bisa memenuhi kebutuhan serat harian dengan cara yang enak. Klik disini dan follow @FiberCreme_TV di Instagram yuk, untuk intip resep-resep kreatif yang bisa Anda buat dengan FiberCreme untuk keluarga tercinta!

(*)

Show Less

X