Bukan Cuma Buah dan Sayur, Ini 5 Makanan Ampuh Untuk Diet

Des 28, 2018 | Artikel

Diet itu sebetulnya sederhana. Iya. Konsep diet untuk mengurangi berat badan itu mudah saja, yaitu membuat defisit antara kalori yang masuk ke tubuh melalui makanan yang dikonsumsi setiap hari dengan kalori yang dibutuhkan.

Tapi mengaplikasikannya itu cerita lain. Menurunkan berat badan dengan menghindari banyak jenis makanan, kemudian ditambah olahraga teratur, bukanlah hal yang mudah dilakukan. Walaupun sanggup, jika tidak dilakukan dengan benar diet yang Anda lakukan malah bisa mendatangkan masalah, mulai dari maag hingga malnutrisi.

Seram ya? Tapi jangan keburu membatalkan niat untuk berdiet. Tidak perlu mengambil langkah ekstrim seperti menghindari makan sama sekali, karena yang penting Anda harus disiplin dan rajin memperhatikan apapun yang masuk ke perut. Sebagai langkah awal menurunkan berat badan secara alami, yuk coba mulai masukkan 5 bahan makanan dibawah ini ke diet kamu!

1. Telur

 

Bukan hanya sehat, telur yang mengandung protein tinggi juga baik untuk diet. Anda yang sedang mengontrol makanan sangat disarankan untuk mengonsumsi telur setiap pagi karena proteinnya bisa membantu kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan. Jadi, makan telur di pagi hari bisa meminimalisir keinginan untuk ngemil diantara waktu sarapan dan makan siang.

 

2. Kacang

 

 

Coba yuk mulai ganti cemilan Anda yang biasa dengan segenggang almond, kacang tanah, walnut atau kacang hazel. Selain lebih tinggi serat yang baik untuk pencernaan, kacang-kacangan banyak mengandung lemak yang baik. Kacang-kacangan bisa meningkatkan kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein) dalam tubuh, yang dampaknya juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebagai tambahan, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang menjadikan kacang sebagai cemilan cenderung makan lebih sedikit setelahnya.

 

3. Yogurt

 

 

Selama mengandung rendah lemak dan rendah gula, yogurt bisa membantu program diet Anda. Yogurt, baik yang biasa maupun Greek Yogurt, memiliki protein yang cukup untuk membuat Anda kenyang lebih lama. Ditambah lagi menurut sebuah penelitian, setiap porsi yogurt bisa mencegah kenaikan berat badan hingga hampir 0,4 kilogram.

 

4. Popcorn

 

 

Siapa sangka popcorn ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan? Nyatanya jika dimasak tanpa mentega berlebih seperti yang biasa Anda makan di bioskop, popcorn punya serat dan protein yang tinggi. Satu porsi popcorn dengan berat sekitar 28 gram memiliki 4 gram serat dan 4 gram protein dengan hanya sekitar 110 kalori. Ditambah lagi, sebagian besar popcorn adalah udara, jadi Anda bisa makan dalam porsi besar dan tanpa terlalu banyak kalori.

 

5. Cokelat Hitam

 

 

Cokelat biasanya adalah pantangan buat orang yang sedang diet. Tapi jangan khawatir kalau yang Anda konsumsi tergolong cokelat hitam. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa jam setelah mengonsumsi cokelat hitam, orang-orang bisa makan hingga 15 persen lebih sedikit pizza dibanding orang-orang yang mengonsumsi cokelat susu yang lebih umum dijual.

Bagaimana, ada juga kan makanan asyik yang bisa membantu diet Anda? Supaya hasilnya lebih maksimal, buah dan sayur juga harus tetap ada dalam menu Anda. Jangan khawatir untuk Anda yang kurang doyan, karena buah dan sayur juga tetap bisa diolah jadi makanan enak tapi tetap bergizi tinggi.

Yuk intip resep-resep kreatif dan inspiratif dari @FiberCreme_TV di Instagram. Coba juga tambahkan FiberCreme ke berbagai masakan atau minuman favorit Anda, supaya jadi lebih sedap dan creamy, serta lebih tinggi serat yang baik untuk membantu jaga pencernaan supaya tetap lancar.