Biar Tambah Langsing, Yuk Ganti Karbohidrat Dengan 5 Bahan Makanan Ini!

Jan 18, 2019 | Artikel

Buat kebanyakan orang Indonesia, bukan makan namanya kalau belum ada nasi masuk ke perut. Dan walaupun sudah makan banyak, belum akan kenyang kalau tidak ada nasinya. Mungkin Anda salah satunya yang punya prinsip begitu?

Sebagai bahan makanan utama di banyak daerah di Indonesia, keberadaan nasi memang sebuah keharusan. Padahal, nasi mengandung karbohidrat tinggi yang kalau dikonsumsi dalam jumlah berlebih bisa berbahaya buat tubuh. Beberapa bahayanya termasuk meningkatnya kolesterol dalam darah, resiko lebih tinggi untuk terkena diabetes, dan kesulitan menurunkan berat badan.

Dan nasi itu hanya salah satu dari banyak bahan makanan tinggi karbohidrat yang ada di masyarakat. Ada banyak bahan makanan lain yang punya efek sama, seperti roti, pasta, mi, sereal, dan tortila.

Cukup banyak ya? Terus, apa mungkin menghindari semuanya sekaligus? Kalau merasa kesulitan untuk mengeliminasi makanan-makanan tersebut, gantikan aja dengan bahan makanan yang lebih ramah diet. Berikut ini bahan makanan pengganti yang bisa dicoba agar diet Anda tetap lancar!

1. Quinoa Untuk Pengganti Nasi

Quinoa sudah cukup terkenal sebagai pengganti nasi untuk orang yang sedang berdiet. Untuk yang belum kenal, quinoa adalah biji-bijian dari tanaman yang dulunya hanya tumbuh di daerah pegunungan Andes, Peru.  Bahan makanan ini kaya akan vitamin dan mineral, serta protein yang komplit karena memiliki semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Quinoa juga mengandung hingga 2,5 kali lipat lebih banyak serat daripada nasi. Plus, quinoa secara alami bebas dari gluten sehingga aman dikonsumsi mereka yang punya alergi gluten.

Cara memasak quinoa hampir sama seperti nasi. Pertama cuci dulu quinoa, dan tanak dengan 2 gelas air untuk setiap 1 gelas quinoa.

2. Kembang Kol Cacah Untuk Pengganti Nasi

Selain mengandung jauh lebih rendah karbohidrat dan kalori ketimbang nasi, kembang kol juga merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan asam lemak omega-3 yang yang bagus untuk tubuh. Untuk menggantikan nasi, cukup cacah kasar kembang kol sampai seukuran beras dan letakkan diatas tisu dapur untuk menghilangkan kandungan airnya. Setelah itu, Anda bisa memasak “nasi” kembang kol ini jadi apa saja. Misalnya, tumis dengan sedikit minyak diatas api sedang, dan bumbui sesuai keinginan.

3. Jamur Portobello Untuk Pengganti Roti Hamburger

Meski terlihat seperti bagian yang paling tidak berbahaya dari sebuah junk food bernama hamburger, roti punya kandungan karbohidrat sangat tinggi yang ternyata sama sekali tidak berguna untuk tubuh. Jadi selain mempertimbangkan daging hamburger yang lebih sehat dan rendah lemak, Anda bisa mengganti rotinya dengan sesuatu yang lebih sehat, seperti jamur portobello yang secara penampilan mirip seperti roti hamburger.

Bukan hanya bebas karbohidrat, jamur portobello punya serat tinggi, potasium, vitamin B dan hanya sekitat 30 kalori. Untuk cara masaknya, cuci bersih jamur dan hilangkan bagian hitam di sisi bawahnya. Rendam dalam marinade yang terdiri dari minyak kelapa, parutan bawang putih, oregano, garam dan merica sebelum dipanggang.

Show More

4. Daun Selada Untuk Pengganti Tortilla

Sama seperti roti hamburger, tortilla juga merupakan sumber karbohidrat tinggi yang hanya sedikit atau tidak sama sekali memberikan manfaat apapun untuk tubuh. Jadi Anda bisa mengganti tortilla pada jajanan seperti taco, burrito atau kebab dengan daun selada, yang memiliki hanya 15 kalori setiap 100 gramnya.

5. Wortel Serut Untuk Menggantikan Mie/Spaghetti

Mie dan berbagai jenis pasta, termasuk spaghetti, terbuat dari tepung yang sudah pasti mengandung tinggi karbohidrat. Tapi kedua bahan ini bisa digantikan dengan bahan makanan yang lebih sehat, yaitu wortel yang kandungan gizinya sudah tidak diragukan lagi

Serut wortel secara memanjang hingga terlihat seperti mie. Tumis sebentar diatas api sedang dan campur dengan saus spaghetti, yang bisa Anda buat lebih tinggi serat dengan krimer serbaguna FiberCreme. Cek instagram @FiberCreme_TV atau klik disini yuk untuk inspirasi saus spaghettinya!

(*)

Show Less

X