Biar Daging Sapi Jadi Empuk, Pakai 6 Bahan Alami Ini Yuk

Jan 25, 2019 | Artikel

Bumbu bukan satu-satunya yang harus diperhatikan ketika masak pakai daging sapi atau kambing lho. Percuma kan, kalau bumbu sudah pas dan enak, cara masak sudah benar, eh ternyata dagingnya masih keras dan alot?

Sebetulnya ada banyak cara untuk mengempukkan daging. Salah satu yang paling banyak dilakukan ibu-ibu adalah dengan direbus. Tapi merebus daging sampai empuk bisa makan waktu berjam-jam, yang artinya Anda bukan hanya boros waktu, tapi juga gas atau listrik – jika Anda menggunakan kompor listrik. Belum lagi proses perebusan bisa membuat tekstur daging terlalu kering dan mengubah rasanya.

Dan di era yang serba instan ini, ada juga beberapa produk pengempuk daging yang bisa dengan cepat menghancurkan ikatan peptida pada daging agar jadi lebih empuk. Tapi, daripada bergantung sama pengempuk sintetis yang mungkin mengandung bahan kimia dan belum tentu tersedia di daerah Anda, coba pakai 6 bahan pengempuk dibawah ini yuk. Selain lebih alami, bahan-bahan ini juga banyak tersedia di sekitar Anda dan pasti lebih irit.

Daun Pepaya

Daun pepaya sudah dikenal luas sebagai pengempuk daging. Daun ini punya kandungan enzim papain yang berguna untuk memutus ikatan peptida pada daging. Cara menggunakannya, remas-remas daun pepaya dan gunakan untuk membungkus daging selama sekitar 10 menit. Setelah itu, daging pun siap diolah.

 

Nanas

Nanas punya kandungan enzim bromelin yang juga bisa menghancurkan ikatan peptida. Enzim bromelin paling banyak terkandung dalam buah dan bonggol nanas, dan bagian-bagian tersebutlah yang harus Anda parut dan kemudian balurkan pada daging mentah. Diamkan dalam wadah tertutup selama 20-30 menit, dan cuci bersih daging sebelum dimasak.

 

Cola

Minuman bersoda ini punya kandungan asam yang akan mempercepat pengempukan daging. Cukup rendam daging dalam cola selama paling tidak 30 menit. Selain membuat empuk, cola juga punya kandungan gula yang memberikan rasa unik pada daging.

Show More

 

Saus tomat

Sama seperti cola, saus tomat memiliki asam yang akan mengempukkan daging. Lumuri daging dengan saus tomat, dan diamkan beberapa saat sebelum dimasak. Tapi, cara ini lebih baik dipakai jika Anda berencana untuk memasak daging dan saus bersama-sama, karena saus tomat akan mempengaruhi rasa dagingnya.

 

 

Teh

Teh juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging berkat kandungan tannin-nya. Seduh teh seperti biasa, dan gunakan sebagai bahan perendam daging. Diamkan beberapa saat sebelum diolah.

 

 

Jahe

Selain memperkaya rasa, jahe punya enzim proteolitik yang bisa mengurai ikatan protein dalam daging dan membuatnya lebih empuk. Parut jahe secukupnya, dan lumurkan ke seluruh permukaan daging. Diamkan beberapa menit sebelum daging dimasak.

Dari keenam bahan diatas, mana saja yang sudah pernah Anda coba? Dan sekarang kalau dagingnya sudah empuk, diolah jadi masakan enak dan tinggi serat yuk pakai krimer serbaguna yang super creamy FiberCreme . Soal resep, follow @FiberCreme_TV di Instagram atau klik disini aja, karena ada banyak resep inspiratif yang bisa langsung Anda praktekkan di rumah.

(*)

Show Less

X