5 Makanan Ini Bisa Bikin Kenyang Selama Puasa Ramadhan Lho!

Mei 10, 2019 | Artikel, Berita

Bagaimana puasa Ramadhan tahun ini? Masih lancar kan? Walaupun masih bisa bertahan, kadang pasti ada kan hari-hari dimana perut bakal terasa sangat lapar, terutama di siang hari menjelang sore. Atau mungkin ada juga yang sudah lapar sejak pagi?

Memang sih kebanyakan makanan yang kita konsumsi ketika sahur itu hanya mengenyangkan sementara aja. Hanya dalam beberapa jam, perut kembali kerucukan minta diisi. Nah agar bisa kenyang lebih lama sehingga puasanya tetap lancar, coba buat masakan sahur dengan bahan makanan berikut ini yuk!

1. Telur

Bukan hanya mengandung protein dan zat-zat penting lain, telur juga ternyata cukup mengenyangkan. Seperti yang dikutip Healthline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa rasa kenyang yang ditimbulkan sebutir telur bahkan bisa membuat kita mengurangi asupan kalori hingga 36 jam setelahnya.

Selain direbus, kamu bisa pakai telurnya untuk bikin Brongkos FiberCreme Sehat dan Lezat atau Sambal Ancang seperti ini lho!

2. Kentang

Sering dianggap karbohidrat yang tidak sehat, kentang –terutama yang tidak dikupas – sebetulnya merupakan sumber berbagai macam vitamin dan mineral. Kentang juga punya jumlah serat dan protein yang cukup tinggi, serta hampir tidak mengandung lemak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kentang cukup mengenyangkan karena kandungan proteinase inhibitor 2 (PI2) yang bisa membantu menurunkan nafsu makan.

Agar lebih puas makan kentangnya, diolah jadi Kentang Panggang Keju atau Sambal Goreng Kentang & Hati yuk!

3. Daging

Sama seperti telur, daging punya protein tinggi yang membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama. Sebuah studi mengungkapkan kalau dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, orang-orang yang makan daging tinggi protein ketika makan siang bisa makan 12% lebih sedikit ketika makan malam.

Kerepotan masak daging untuk sahur? Coba menu sederhana sederhana seperti Empal Goreng Empuk ini deh.

4. Bayam

Kenyang berkat sayuran? Bisa kok kalau dengan bayam. Menurut beberapa penelitian, sayur hijau ini punya kandungan zat bernama thylakoids yang mempengaruhi hormon pembuat kenyang. Untuk Anda yang kurang suka sayuran, coba dulu resep Breakfast Spinach and Cheese ini!

5. Oat

Oatmeal mengandung rendah kalori dan merupakan sumber serat yang baik, terutama serat larut bernama beta-glucan yang juga bisa melepaskan hormon kenyang. Menurut sebuah studi, mereka yang makan pagi dengan oat cenderung kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada mereka yang sarapan dengan sereal biasa.

Sudah bosan dengan oat yang gitu-gitu saja? Diolah jadi Hi-Fiber Oat Muffin atau Banana Strawberry Smoothie Bowl ini aja

X